oleh

Walikota Ning Ita Kukuhkan Dewan Kebudayaan Daerah Kota Mojokerto

MOJOKERTO | optimistv.co.id – Wali Kota Mojokerto, Hj. Ika Puspitasari. SE atau yang akrab disapa Ning Ita mengukuhkan Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kota Mojokerto periode 2021-2025. Sebanyak 25 orang anggota dikukuhkan secara simbolis di Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk Kota Mojokerto, Sabtu (13/2/2021) malam.

DKD Kota Mojokerto dikukuhkan setelah dengan perayaan Tahun Baru China, Imlek. Hal ini tidak lepas dari adanya akulturasi budaya China yang masuk ke Indonesia, salah satu pintu masuknya yaitu Kota Mojokerto. Hal tersebut disampaikan Ning Ita (sapaan akrab, red).

“Hal itu terbukti dengan adanya Klenteng Hok Sian Kiong yang sudah berdiri dari abad 11. Bangunan tersebut menjadi bukti akulturasi dari budaya China yang masuk ke Indonesia,” ungkap Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini.

Kepada anggota DKD Kota Mojokerto yang baru saja dikukuhkan, orang nomor satu di Kota Mojokerto ini berpesan, dengan Spirit Of Mojopahit sekaligus  mendukung visi Kota Mojokerto. Yakni berdaya saing, mandiri, demokratis, adil makmur dan bermartabat.

“Saya berkomitmen penuh untuk peduli, dan untuk terus memajukan seni dan kebudayaan daerah yang ada di Kota Mojokerto. Hal ini saya buktikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023,” katanya

Salah satunya prioritasnya adalah  pembangunan sektor pariwisata yang berbasis sejarah dan budaya. Menurutnya, keberadaan DKD sangatlah strategis sebagai mitra Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai konseptor dalam melaksanakan pembinaan dan juga pengembangan kebudayaan.

“Yakni dengan meningkatkan sektor-sektor kebudayaan yang lebih memperkuat pada kearifan lokal. Keberadaan DKD juga sebagai pelaksana untuk pengembangan seni budaya melalui peningkatan aktifitas, peningkatan kualitas seni dan kebudayaan serta apresiasi seni dan budaya bagi warga Kota Mojokerto,” tuturnya.

Ning Ita berharap dengan dibentuknya DKD Kota Mojokerto tersebut bisa menjadi aspirasi, pokok-pokok pikiran antara pemerintah dengan masyarakat yang peduli terhadap pemajuan kebudayaan. Sebelum pengukuhan DKD Kota Mojokerto periode 2021-2025 ditampilkan pertunjukan tari dari siswa didik serta hiburan Wayang Potahi dari paguyuban Gubuk Wayang Kota Mojokerto.

Ning Ita juga menerima cindera mata dari DKD Kota Mojokerto yanh diserahkan oleh Ketua DKD Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo. Pengukuhan DKD Kota Mojokerto yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto itu, dihadiri Wakil Wali Kota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria.

Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Harlistyati, Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Sonny Basuki Rahardjo, Camat dan Kepala Sekolah dan Guru di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto.

Reporter : Ririn Fadlilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed