oleh

Wali Kota Probolinggo Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Probolinggo | optimistv.co.id – Tanggal 1 Oktober diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai Hari Kesaktian Pancasila sebagai wujud mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa serta penghormatan terhadap jasa para pahlawan revolusi. Upacara itu diikuti secara virtual oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin bersama Forkopimda dan Sekretaris Daerah drg Ninik Ira Wibawati di Command Center, Jumat (1/10).

Presiden Joko Widodo yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Wury Ma’ruf Amin, memimpin secara langsung upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Dalam upacara yang dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB, dilakukan pembacaan teks Pancasila  oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti, pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo serta pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani.

“Di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Puan.

Terakhir, pembacaan doa sebagai penutup rangkaian upacara yang dibawakan oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Upacara ini juga dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan sejumlah menteri di kabinet Indonesia Maju.

Ditemui usai gelaran upacara tersebut, Wali Kota Habib Hadi menyampaikan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum seluruh bangsa Indonesia memaknai perjuangan pahlawan pada kala itu. “Seperti yang berbunyi dalam ikrar, saya mengajak seluruh elemen masyarakat membulatkan tekad tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Habib Hadi. (Hms)

 

Reporter : Nanang.S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed