oleh

Wali Kota Ning Ita Keliling Kota Mojokerto Naik Mobil Dinas Bersejarah di Indonesia

MOJOKERTO | optimistv.co.id – Walikota Mojokerto, Hj Ika Puspitasari S.E berkesempatan menaiki Mobil dinas mantan Presiden RI, Ir Soekarno berkeliling Kota Mojokerto.

Mobil berjenis sedan Oldsmobile 98 tahun 1963 tersebut merupakan salah satu koleksi dari peserta ‘City Tour Soekarno Ing Tlatah Majapahit’ yang digelar di Kota Mojokerto.

City Tour Soekarno Ing Tlatah Majapahit ini terlaksana berkat kerjasama antara Pemkot Mojokerto dengan Museum Gubug Wayang dan Komunitas Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (KPPMKI) Jawa Timur.

Acar kali ini start dari Rumah Rakyat di Jl. Hayam Wuruk No. 50 Kota Mojokerto, dengan melewati jembatan Gajah Mada, menuju menara Tri Buana Tungga Dewi, Kantor Pemkot Mojokerto, Jalan Taman Siswa menuju SDN Purwotengah, SMPN 2 Mojokerto, Alun-Alun Kota dan kembali lagi menuju Rumah Rakyat untuk selanjutnya para peserta dijemput menggunakan bis menuju Museum Gubug Wayang.

“Kita akan mengikuti jejak – jejak sejarah Soekarno pada masa kecil yang ada di kota Mojokerto dengan naik mobil R1 yang ternyata luar biasa nyaman meskipun usia mobil ini sudah berapa puluh tahun,” ujar Ning Ita sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Menurut Ning Ita, City Tour ini selaras dengan salah satu prioritas Pemkot Mojokerto dalam rangka mewujudkan Kota Mojokerto sebagai kota wisata yang berbasis sejarah dan budaya,

“Dan kita berhenti pada titik-titik sejarah Soekarno salah satunya adalah di SDN Purwotengah yang dulu merupakan Sekolah Ongko Loro dimana Kusno atau Soekarno kecil mengenyam pendidikan selama empat tahun di sekolah ini,” ungkap Ning Ita.

Secara terpisah, Cyntia Handy Direktur Museum Gubug wayang mengatakan salah satu alasan menggelar City Tour Soekarno di Kota Mojokerto adalah karena tersimpan banyak sejarah di Kota Mojokerto, mulai dari Kerajaan Majapahit hingga masa Kemerdekaan.

“Sejarah yang ada di kota ini patut untuk diangkat dan menjadi salah satu ikon untuk Kota Mojokerto yang akan menjadi kota pariwisata sesuai prioritas pengembangan Wali Kota Mojokerto saat ini,” ujarnya.

Sementara itu Hiapy Surya Kusuma selaku Ketua KPPMKI Jatim membenarkan alasan menggelar City Tour Soekarno di Kota Mojokerto salah satunya karena Mojokerto merupakan kota kerajaan yang terkenal dengan Bumi Mojopahit, selain menarik karena banyak situs sejarah juga merupakan tempat Bung Karno menuntut ilmu semasa kecil.

“Kebetulan untuk awal tahun kita buka di Kota Mojokerto agar lebih menarik ya dengan sejarah-sejarahnya dengan kerajaan-kerajaannya lalu bung karno juga sekolahnya disini. Makanya judulnya City Tour Soekarno Ing Tlatah Majapahit,” imbuh Hiapy.

Turut ikut dalam iring-iringan rombongan City Tour Soekarno, Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo yang juga sebagai Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) kota Mojokerto, Wakapolres Mojokerto Kota Kompol Sarwo Waskito, Danramil Prajurit Kulon Kapten Inf Nuril Mustofa, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid.

Reporter : Ririn Fadlillah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed