oleh

Tumbuhkan Rasa Nasionalisme, Satgas TMMD 112 Kodim 0809/Kediri Gelar Wasasan Kebangsaan

KEDIRI KABUPATEN | optimistv.co.id – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 di Kabupaten Kediri, tak cuma berbentuk kerja fisik. Ada juga kegiatan non fisik. Salah satunya adalah Wawasan Kebangsaan (Wasbang) yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa Nasionalisme, cinta tanah air dan Bela Negara bagi Masyarakat Desa Kalipang.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Senin, (27/6/2021), tersebut dilaksanakan kerjasama antara Satgas TMMD 112 dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kab. Kediri bertemakan TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri.

Kegiatan yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, serta tokoh pemuda Desa Kalipang tersebut juga dihadiri oleh Kapten Arm Bangun Budi Adi Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0809/Kediri, Ibu Asmi Hanifa, S.Sos (Kabid Integrasi Bangsa Kab. Kediri), Zainal Mustofa Plt. Camat Grogol, dan Antonius Supratiknya Kepala Desa Kalipang berserta perangkat Desa.

Kapten Arm Bangun Budi Adi (Pasiter) menjelaskan, “Selain program TMMD yang dilaksanakan secara fisik, kegiatan non fisik dalam program TMMD juga dilaksanakan, diantaranya menggelar pembinaan Binter dan Wasbang bagi masyarakat di Desa Kalipang,” jelas Pasiter.

Menurut Kapten Arm Bangun Budi Adi, Kegiatan Wasbang ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada para generasi penerus bangsa, agar dapat mewarisi semangat para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.

“Materi Wawasan Kebangsaan kepada para pemuda sebagai generasi penerus bangsa kita ini sangat penting, agar mereka dapat memahami rasa cinta tanah air, Kesadaran berbangsa dan bernegara, sikap rela berkorban serta memiliki kemampuan bela negara,” terang Kapten Arm Bangun Budi Adi.

“Kita harapkan melalui Program TMMD ini selain sasaran fisik, kegiatan non fisik seperti penyuluhan dan sosialisasi dapat membawa manfaat positif bagi masyarakat. Sehingga melalui program TMMD secara berkesinambungan, diharapkan akan mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan Pertahanan Negara,”

“Selain itu, di tengah situasi Pandemi Covid 19 saat ini, saya harapkan para pemuda di Kampung Kalipang bisa menjadi pelopor kepada seluruh masyarakat dalam mematuhi Protokol Kesehatan yang telah dianjurkan Pemerintah, agar wabah ini dapat segera brakhir,” tutupnya.

Kepala Kesbangpol Kab. Kediri yang diwakili Ibu Asmi Hanifa, S.Sos (Kabid Integrasi Bangsa Kab. Kediri) mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0809/Kediri karena dengan program TMMD 112 ini bisa menyampaikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan Wasbang ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat supaya bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta sikap rela berkorban demi NKRI.” Imbuhnya.

Sementara di tempat yang sama, Kepala Desa Kalipang Antonius Supratiknya menyampaikan rasa terima kasih kepada Kodim 0809/Kediri yang mana dalam rangka TMMD 112 ini juga memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat desa Kalipang, dirinya berharap kegiatan tersebut bisa terus berjalan dengan baik agar masyarakat khususnya para pemuda di kampungnya bisa mempunyai mental dan kepribadian yang baik dalam hal bela negara yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai bersama.” Ungkap Kades Kalipang.

Reporter : Edy siswanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed