oleh

TMMD – 112, Kodim 0809/Kediri Bersama Disnaker Berikan Pelatihan Olah Makanan dan Minuman

KEDIRI | optimistv.co.id –Serangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler 112 Kodim 0809/Kediri pada tahun 2021 di wilayah Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Jawa Timur terus dilaksanakan, seiring dengan pengerjaan sasaran fisik, sejumlah kegiatan non fisik telah dilakukan oleh anggota Satgas TMMD. Salah satunya adalah dengan menggelar pelatihan mengolah makanan dan minuman dari bahan dasar rempah rempah seperti kunyit dan mangga Podang.

Kegiatan yang digelar di Balai Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri ini, merupakan salah satu kegiatan sasaran non fisik TMMD  Kodim 0809/Kediri tahun 2021 bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Kediri dengan peserta dari kalangan ibu – ibu akan berlangsung selama lima hari kedepan. Selasa, (21/9/2021).

Perwira Kordinator (Pakor)  Kapten Czi Kustoyo mengatakan, “Pelatihan olah makanan dari bahan dasar kunyit dan mangga podang dilaksanakan dalam rangka agar warga masyarakat khususnya kaum perempuan dapat membuat makanan dan minuman ataupun ramuan jamu tradisional dari bahan rempah rempah (kunyit) dengan cara yang benar dan bisa bertahan lama.

“Selain untuk konsumsi diri sendiri, nantinya juga bisa dikembangkan sebagai penambah penghasilan. Sehingga dapat memperkuat ekonomi keluarga,” ujarnya.

Kapten Czi Kustoyo menambahkan bahwa penyelenggaraan pelatihan pembuatan makanan dan minuman atau jamu tradisional dengan bahan pengawet alami tersebut merupakan rangkaian kegiatan TMMD 112 Kodim 0809/Kediri yang diselenggarakan di Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri.

“Melalui berbagai pelatihan penyuluhan dari Dinas terkait, nantinya dapat menambah ilmu dan pengetahuan. Sehingga dapat bermanfaat menjadi lebih produktif,” ucap Kapten Czi Kustoyo.

Sementara, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri Ibu Rina Endra Astutik selaku narasumber mengatakan, “kegiatan tersebut digelar atas kerjasama dengan Kodim 0809/Kediri khususnya dalam rangkaian kegiatan TMMD Reguler Ke-112 di Desa Kalipang.

“Selama ini dinas berusaha mengembangkan UMKM yang ada di Kabupaten Kediri . Salah satunya dengan memberikan pelatihan tata boga,” ujar Rina.

Dikatakan Rina, “bahwa di Desa Kalipang Kecamatan Grogol banyak terdapat tanaman kunyit sehingga pelatihan tersebut sangat cocok untuk warga Desa Kalipang nantinya, warga khususnya ibu-ibu dapat membuat olahan dengan inovasi baru sehingga tidak hanya diolah sebagai makanan yang sudah biasa, Harapannya, dari olahan ibu-ibu tersebut, dapat membantu perekonomian keluarga,” ungkapnya.

Salah satu peserta pelatihan warga Kalipang mengaku sangat senang ikut pelatihan tersebut. Menurutnya, dengan mengikuti pelatihan tersebut dirinya semakin tahu bagaimana cara mengolah makanan berbahan kunyit dan mangga Podang. Jadi, mengolah kunyit tidak sekadar buat jamu saja, melainkan bisa diolah sebagai makanan dan minuman yang memiliki cita rasa tinggi.

“Sangat bagus karena saya jadi tahu banyak cara mengolah makanan berbahan kunyit,” ungkapnya.

Reporter : Edy Siswanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed