oleh

Tingkatkan Perekonomian Warga, Mas Dhito Bantu Pelatihan & Perizinan Hingga Permodalan Ribuan UMKM

KEDIRI | optimistv.co.id – Calon Bupati Kediri, H. Haninditho Himawan Pramono, SH, yang biasa disapa dengan panggilan Mas Dhito, Kamis, 5 November 2020, mengunjungi Kampung KB di Desa Tiru Lor, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Saat hadir di lokasi acara, calon Bupati Kediri periode 2021 – 2026 yang berpasangan dengan Dewi Mariya Ulfa, ST ini disambut dengan lantunan lagu Harta Berharga atau Keluarga Cemara oleh tim paduan suara desa setempat.

Mas Dhito juga menyempatkan diri untuk melihat satu per satu berbagai produk UMKM Desa Tiru Lor yang digelar di lokasi kampanye di Dusun Bolorejo tersebut. Sambil berdialog bersama para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di desa yang berbatasan dengan wilayah Kecamatan Pare ini, Mas Dhito terlihat mencicipi beberapa produk dan membelinya sebagai oleh-oleh.

Dalam kesempatan tersebut Mas Dhito mengaku tidak akan mau membantu modal bagi pelaku UMKM apabila belum mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Menurut Putra dari Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung tersebut, hingga saat ini pihaknya telah melakukan pelatihan dan membantu untuk membuatkan perizinan bagi pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Kediri lebih dari 1.200.

“Kami tidak akan memberikan ikan kepada warga, karena ketika dimakan pasti langsung habis. Namun kami lebih senang untuk memberikan kail agar warga bisa memancing sendiri dan mendapatkan ikan yang banyak. Maka dari itu, setelah mengikuti pelatihan dan mempunyai perizinan, barulah bisa menerima bantuan permodalan seperti UMKM lainnya, yaitu satu kelompok UMKM kami berikan modal sampai Rp. 40 juta, tergantung dari bidang usahanya,” terang Mas Dhito.

Seusai berdialog dengan pengurus Kampung KB Desa Tiru Lor, Mas Dhito bersama tim, di antaranya yaitu Ketua Bidang OKK DPD Partai NasDem Kabupaten Kediri, Khusnul Arif, S.Sos, juga mengunjungi sentra pembibitan ikan Lele yang ada di Dusun Bolorejo, Desa Tiru Lor.

Disini Mas Dhito juga melihat seluruh tempat pembibitan sambil berdialog seputar proses pembibitan dan pemasaran, hingga terkait suka duka menekuni usaha tersebut. Seperti hal yang terjadi di Kampung KB, di lokasi pembibitan ikan Lele ini Mas Dhito juga disambut dengan yel-yel oleh warga masyarakat secara kompak. “Mas Dhito… Coblos Gambare…” teriak warga berulang-ulang.

Reporter : Zainal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed