oleh

Tingkatkan Kompetensi KIM, Diskominfo Kota Kediri Gelar Workshop

KOTA KEDIRI | optimistv.co.id – Sebagai generasi milenial, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dintutut harus dapat manfaatkan pesatnya kemajuan teknologi informasi dalam mengembangkan potensi daerah menjadi lebih maju dan berkembang. Untuk itu, penting adanya pengetahuan dan keterampilan bagi anggota KIM dalam menghadapi isu-isu daerah yang akan dihadapi.

Workshop yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika dikuti oleh 46 KIM yang di Kota Kediri. Melalui kegiatan itu Pemerintah Kota Kediri ingin mewujudkan anggota KIM yang berpengetahuan luas dan memiliki ketrampilan dalam bermedia sosial. Hal itulah yang disampaikan Kepala Diskominfo Kota Kediri, Apip Permana saat membuka workshop yang mengusung tema “Good News Form Kota”, di ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri, Senin (6/12).

Menurut Apip, pada workshop ini Diskominfo Kota Kediri telah mengundang pakar komunikasi Jawa Timur Suko Widodo. Seorang narasumber yang telah memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan untuk dibagikan kepada para anggota KIM. “Pak Suko Widodo merupakan orang yang tepat untuk memberikan arahan dan pengetahuan kepada anggota KIM. Kemampuan beliau tidak perlu diragukan lagi, “ujarnya.

Apip berharap dengan adanya workshop ini para anggota KIM bisa memperoleh banyak ilmu dan pengetahuan, agar dapat digunakan untuk memaksimalkan kinerja KIM dalam memenuhi tugas-tugas. “Ilmu dan arahan dari beliau harus bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Apip juga menuturkan bahwa KIM di Kota Kediri telah memperoleh beberapa juara pada ajang Anugrah Pewarta Warga (APW) yang digelar Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur pada tahun 2019. Diantaranya juara 1 artikel berita, juara 2 videografi dan juara 2 video berita. “Prestasi dan pengalaman yang telah diperoleh di APW harus bisa menjadi motivasi bagi anggota KIM untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahun. Selain lewat lomba, kedua hal ini bisa kalian peroleh dengan mengikuti workshop seperti saat ini, sharing bersama ataupun cara lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Apip menuturkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan anggota KIM, Dinas Kominfo Kota Kediri juga telah menggelar lomba video dokumenter pada tahun 2020 dan lomba foto bercerita pada tahun 2021. “Kesempatan yang telah kita berikan untuk mewadahi dan meningkatkan kemampuan KIM harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Jangan takut kalah dan minder. Yang terpenting dapat menambah pengalaman dan mengasah kemampuan yang dimiliki,”jelasnya.
Sedangkan Suko Widodo dalam arahannya meminta para anggota KIM harus melek teknologi. Salah satu tugas KIM adalah memberikan informasi informasi yang benar, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga, informasi hoax bisa luruskan. KIM harus sering mengadakan diskusi diskusi kelompok. Dengan harapan akan segera terdeteksi permasalahan di lingkungan sekitar untuk dicarikan solusinya.(Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri)

Reporter : Edy Siswanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed