oleh

Tanggulangi Bencana Hidrometeorologi, Pemkot Kediri Gerebek Pangkas Pohon Jalan Protokol

KOTA KEDIRI | optimistv.co.id – Mencegah banyaknya pohon yang tumbang di musim penghujan, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan melakukan gerebek pangkas pohon yang berada di beberapa jalan protokol di Kota Kediri. Kegiatan yang dimulai pada Kamis (11/11) pagi ini diawali dengan pemangkasan pohon di sepanjang Jalan Mayor Bismo.

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan Pemkot Kediri menguatkan sinergi antara OPD dan berbagai sektor mengantisipasi dampak bencana hidrometeorologi, termasuk pencegahan pohon tumbang.

Pemotongan Dahan Pohon

“Setelah agenda susur sungai untuk kendalikan arus air, pepohonan di sepanjang jalan perlu untuk dikondisikan, untuk menghindari pohon tumbang yang membahayakan pengguna jalan dan kabel listrik,” ujar Mas Abu.

Sasaran utama pemangkasan pada dahan pohon yang kering dan menjuntai di jalan serta dekat dengan tempat publik dan jaringan listrik yang sebelumnya telah disurvei oleh tim DLHKP.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk penanggulangan bencana hidrometeorologi. Kami juga bersinergi dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman serta PLN Kota Kediri,” ujar Kepala DLHKP M. Anang Kurniawan.

Anang pun menuturkan bahwa di luar kegiatan roadshow ini, tiap harinya DLHKP rutin melakukan pangkas pohon yang beresiko.

Diharapkan kegiatan ini dapat mengurangi potensi adanya pohon roboh ketika kondisi cuaca tidak menentu.

Ia juga menyampaikan potensi robohnya pohon juga dipengaruhi kondisi batang pohon bagian bawah.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Kabid Pertamanan dan Tata Lingkungan DLHKP Kota Kediri, Datik Indrijaswati Adi Putri.

Saat di lokasi pemangkasan, ia menuturkan bahwa saat ini masih ada beberapa warga yang membakar sampah di bawah pohon, bahkan ada pula yang sengaja membakar pohon menggunakan flame gun (obor).

“Jadinya seperti ini jika bagian bawah dibakar, pohon akan kering. Jika tumbang pasti akan membahayakan pengguna jalan dan rumah yang berada di depan pohon,” ujar Datik sembari menunjukkan pohon besar yang sudah mati.

Nantinya pohon dengan kondisi serupa akan dipangkas hingga menyisakan 2-3 meter, dan sebagai gantinya DLHKP akan menanam pohon baru.

DLHKP Kota Kediri saat Melakukan Penertiban Pohon

Selain itu, Manajer ULP PLN Kota Kediri Kharisma menyampaikan timnya akan memprioritaskan pohon yang terletak di dekat jaringan. Cuaca yang ekstrem dapat menyebabkan pohon menyentuh jaringan dan padam listrik.

“Kami telah koordinasi dengan DLHKP mengenai jarak dan ukuran rampas pohon. Sehingga selain aman dari jaringan, juga tetap menjaga keindahan Kota Kediri,” ujarnya usai mengikuti Apel di Kantor DLHKP Kota Kediri.

Kegiatan ini akan dilaksanakan juga pada Jumat (12/11) di sepanjang Jalan Kawi sampai Jalan KH. Ahmad Dahlan.

Lalu dilanjutkan pada Senin (15/11) di sepanjang Jalan Penanggungan Kota Kediri. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kediri)

Reporter : Edy Siswanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed