oleh

SMPN 1 Kedungwaru, Tulungagung Gelar Uji Coba ANBK 2021

TULUNGAGUNG | optimistv.co.id – SMPN 1 Kedungwaru, Tulungagung menyelenggarakan uji coba ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) 2021 dengan maksud untuk mengetahui perkembangan mutu dari waktu ke waktu dan karakter siswa pada hari Senin 4/10 hingga Selasa 5/10 di Laboratorium Komputer SMPN 1 Kedungwaru.

ANBK di SMPN 1 Kedungwaru dihadiri oleh Kepala Sekolah SMPN 1 Kedungwaru Dr, Hj Sri Wahyuni, M.Pd, pengawas ANBK, tenaga kerja SMPN 1 Kedungwaru serta 50 siswa SMPN 1 Kedungwaru.

ANBK tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah secara efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

“Pada pelaksanaan ANBK ini terkandung maksud untuk mengetahui tentang kemampuan dari seluruh peserta siswa itu berasal, adapun peserta ANBK dari 50 siswa dengan rincian 45 siswa sebagai peserta utama dan 5 siswa sebagai peserta cadangan.” ujar Sri Wahyuni.

Ada 3 ruang untuk pelaksanaan ANBK dengan 1 sisi kepengawasan dengan sistem pelaksanaan secara silang penuh pengawas serta menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan konsep model soal ANBK berupa pilihan ganda, isian singkat, pencocokan jawaban dan soal uraian.

Pengawas tersebut memiliki tugas pokok dan fungsi untuk mengawasi kegiatan ANBK SMPN 1 Kedungwaru SMPN 2 Kedungwaru serta SMPN 3 Kedungwaru.

“Pelaksanaan ANBK pada hari pertama berjalan dengan lancar dengan antusiasme peserta dari SMPN 1 Kedungwaru dan terjamin ketertibannya dari pengawas.” terang Sri Wahyuni dalam wawancara ANBK hari pertama.

Dalam program ANBK sebagai pengganti ujian nasional di tahun ajaran 2021/2022 ini sekaligus untuk mengevaluasi kinerja satuan pendidikan yang telah dilaksanakan oleh seluruh jenjang yang ada di lembaga pendidikan.

ANBK tersebut memang tidak dibuat mengevaluasi siswa secara individu, melainkan evaluasi terhadap satuan pendidikan.

Dalam kegiatan ANBK yang diterapkan di SMPN 1 Kedungwaru berlangsung dengan tertib dan lancar atas kekompakan dari tim dari hari pertama hingga hari kedua.

 

Reporter : Suwardi – Budi.S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed