oleh

Sinergikan Wisata, Siapkan Jalinan Local Sister City

KEDIRI | optimistv.co.id – Bupati Kediri, H. Hanindhito Himawan Pramana, SH, Kamis, (06/05/2021), menerima kunjungan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin di Pendopo Panjalu Djayati, Kabupaten Kediri. Pembicaraan terkait potensi wisata masing-masing wilayah yang dipimpin rupanya mendominasi pertemuan dua Bupati muda ini.

Mas Ipin, panggilan akrab Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengungkapkan, kedepan Kabupaten Kediri akan memiliki bandar udara internasional, serta adanya jalan Tol baru yang menghubungkan wilayah Kediri Raya – Tulungagung. Potensi Selingkar Wilis bisa dioptimalkan dan Pesisir Selatan ini bisa terkoneksi dengan baik.

“Kita berbicara sinergi pariwisata di kawasan. Jadi konsepnya, kalau ada yang wisata ke Kediri, bonus destinasi Trenggalek. Begitu juga dengan yang wisata ke Trenggalek, diskon destinasi Kediri. Diharapkan ada kunjungan rute wisata di sekitar Wilis bisa hidup semua.” ujar Mas Ipin.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menambahkan untuk makin mempererat sinergi wisata kedua wilayah tersebut, Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Kediri akan menjalin  Local Sister City.

“Tidak perlu jauh-jauh ke kabupaten luar. Memang kalau dilihat dari sisi kesejarahan, prasasti di Kamulan menunjukkan kita mendapatkan tanah perdikan juga dari Kediri. Kita masih punya rumpun dekat, di jaman kerajaan pun kita juga dekat dengan Kediri,” tambahnya.

Bupati Kediri, H. Hanindhito Himawan Pramana, SH mengungkapkan, dengan adanya bandara konektivitas antar wilayah krusial. Dirinya tidak ingin Kabupaten Kediri hanya dilewati para wisatawan.

“Jangan sampai Kabupaten Kediri punya bandara, tapi orangnya numpang lewat saja, orang datangnya ke Trenggalek. Ini yang saya bicarakan dengan Mas Ipin, bagaimana caranya agar orang tidak numpang lewat. Karena Kabupaten Kediri tidak punya pantai, punyanya gunung. Akhirnya kita konsepkan nanti kalau lihat gunung datang ke Kabupaten Kediri, kalau lihat pantai ke Trenggalek,” tukas Bupati yang akrab disapa Mas Bup Dhito ini.

Keduanya juga membicarakan inovasi daerah, dan program kerakyatan tentang pengusaha wanita dan UMKM. Mas Bup Dhito sendiri mengatakan akan berkunjung ke Trenggalek untuk menindaklanjuti wacana tersebut.

“Saya akan ganti ke Trenggalek setelah lebaran,” ucap Mas Bup Dhito.

Reporter : Edy Siswanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed