oleh

Sekda Kota Probolinggo Lantik 10 Pejabat

Probolinggo | optimistv.co.id – Di tahun 2021 ini seluruh instansi pemerintah daerah dalam proses penyederhanaan birokrasi melalui penataan kelembagaan dan pengalihan jabatan administrasi ke jabatan fungsional melalui mekanisme penyetaraan jabatan. Kebijakan sesuai Permenpan RB nomor 17 tahun 2021 ini pun sedang dilakukan oleh Pemerintah Kota Probolinggo.

Kamis (30/9), Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati melantik 10 orang pejabat eselon IV a di Command Center, kantor wali kota. Pelantikan tersebut dilaksanakan pada sejumlah pejabat di BPPKAD, Dinkes P2KB, DKUPP, Dinas PUPR dan Kawasan Permukiman, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, UOBK RSUD dr Mohamad Saleh, Dinsos PPPA, Bakesbangpol.

Dua diantara pejabat yang dilantik adalah Tri Iswiharti Kasubag TU BPPKAD mutasi sebagai Kasubid Anggaran Pendapatan, Pembiayaan dan Belanja Tidak Langsung pada Bidang Anggaran BPPKAD. Mohammad Syaiful Bahri yang sebelumnya Kasubag TU pada Bakesbangpol kini menjadi Kasubid Politik Dalam Negeri pada Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol.

Sekda Ninik menyatakan, penyederhanaan birokrasi sebagai bagian dari akselerasi reformasi birokrasi dapat dijadikan sebagai faktor pendorong perbaikan ekonomi melalui penciptaan iklim investasi yang baik dan penghapusan pungutan liar.

“Pengalihan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional ini dimaksudkan untuk mengubah pola pikir ASN. Yang umumnya menganggap bahwa pejabat administrasi sering kali meminta dilayani dari pada melayani masyarakat. Pola pikir ini seperti ini akan kita ubah menjadi pola pikir yang lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Penyederhanaan birokrasi, lanjut sekda, untuk memangkas rangkaian hierarki pengambilan keputusan sehingga menciptakan birokrasi yang dinamis, gesit, professional, efektif dan efisien dalam melayani masyarakat. Birokrasi dinamis diharapkan mempercepat pengambilan keputusan melalui komunikasi yang lebih fleksibel.

“Amanah yang diemban ini tolong dihayati agar dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam menggerakan roda pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Jalankan tugas dengan penuh perhatian, komitmen dan tanggung jawab. Beri solusi yang konkrit menciptakan ide kreatif dalam mengatasi berbagai permasalahan di lapangan,” pesan Sekda Ninik kepada pejabat yang dilantik sore itu. (Hms)

 

Reporter : Nanang.S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed