oleh

SAKIP Kota Kediri Kembali Peroleh Predikat BB di Tahun Ketiga dari KemenPAN-RB

KEDIRI | optimistv.co.id – Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Kota Kediri untuk ketiga kalinya berturut-turut meraih predikat BB atau sangat baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB). Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, penghargaan disampaikan secara virtual dalam acara yang bertajuk SAKIP-RB Award 2020, Kamis (22/4) yang diselenggarakan di Jakarta.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan capaian yang diraih masing-masing lembaga serta pemerintah provinsi maupun daerah. MenPANRB melanjutkan, ASN harus mampu mengemban tugas dan tanggung jawab serta melayani masyarakat dengan baik.

“Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh kementerian dan lembaga karena kreativitas inovasi dan produktifitas ASN semakin bagus di tengah pandemi Covid-19. Semua tetap terjaga dengan baik. Walaupun ada beberapa yang memang masih memerlukan pembenahan. Semua jajaran ASN harus profesional, melayani masyarakat dengan baik, memberikan perijinan dengan cepat, memangkas birokrasi dengan baik termasuk pengelolaan tata ruang, membangun kolaborasi harus cepat dan bisa diwujudkan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB Agus Uji Hantara mengatakan Selain melakukan evaluasi SAKIP, Kementerian PANRB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi. Evaluasi dilakukan dengan melihat perbaikan tata kelola baik dari segi pengungkit maupun hasil.

“Kementrian RB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi SAKIP dan RB terhadap 84 kementerian lembaga, 34 pemerintah provinsi dan 501 kabupaten/kota untuk menilik dan untuk membina instansi pemerintah dalam meningkatkan kualitas implementasi, manajemen kinerja dan reformasi birokrasi. Kami mengharapkan kolaborasi stakeholder yang semakin kuat untuk mendorong peningkatan kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi di pemerintah daerah,” terangnya.

Ditemui usai mengikuti acara, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan akan terus melakukan perbaikan sehingga predikat A yang ditargetkan bisa terwujud di tahun mendatang.

“Ini tahun ketiga Pemerintah Kota Kediri sudah meraih BB dan ke depan harapan kami bisa meningkat. Kita adakan perbaikan-perbaikan, mana yang kurang diharapkan ke depan bisa naik. Untuk tahun ke depan, harapannya kita targetkan bisa menjadi A,” jelasnya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut  Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Asisten Administrasi Umum Chevy Ning Suyudi, Kepala Barenlitbang Edi Darmasto, Inspektur Wahyu Kusuma Wardani dan Kepala Bagian Organisasi Sugiarti. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kediri)

Reporter : Edy Siswanto – Sur

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed