oleh

RS Iskak Dapat Predikat Penghargaan Gold Winner Category Service Inovasi Terbaik di Opexcon Award 2020

TULUNGAGUNG | optimistv.co.id – Rumah Sakit dr Iskak Tulungagung mendapatkan penghargaan Gold Winner Catagory Service yang didapatkan dari kompetisi Opexcon dan diselenggarakan oleh Shift Indonesia Operation Excellece Conferance And Award atau yang lebih di kenal dengan OPEXCON 2020, pada penyelenggaraan kali ini, Shift Indonesia dengan mengambil tema The 9TH Indonesia Operational Excellence Conferance and Award Winning InThe New Normal With Operational Excellence Digital Conferance.

Wakil Direktur Pelayanan RS dr Iskak, dr Zuhrotul Aini SpA, dalam sambutannya mengatakan, semangat yang selalu ditanamkan kepada civitas RSUD dr Iskak Tulungagung adalah selalu melakukan improvement, karena harus merespon perubahan yang terjadi di lapangan terkait kondisi dan  kebijakan dimana perubahan perubahannya sangatlah cepat dan harusnya direspon dengan cepat pula.

“Selain itu, continuous improvement haruslah menjadi ruh pelayanan sehingga diharapkan pelayanan kesehatan masyarakat dapat berjalan dengan baik dan bermutu tinggi,” ujarnya.

Saat ini dunia kesehatan dihadapkan pada tantangan besar, yaitu System pembiayaan BPJS menuntut kami untuk mampu tepat, terukur, dan efisien. Disamping itu dengan wabah pandemi covid-19 nyawa sebagai pertaruhan yang harus tetap melayani secara baik dengan mengutamakan keselamatan nakes dan pasien.

RSUD dr Iskak juga ada kompetisi sendiri antar unit, bernama Kaizen Festifal yang dilakukan setahun sekali dan sudah banyak penghargaan selama lima tahun ini. Baik government maupun swasta dalam dan luar negeri, salah satunya dari IHF tahun 2019 sebagai RS terbaik katagori Corporate social Responsibility.

“Competisi di Opexcon ini agar kami bisa melihat perkembangan dunia luar, ini merupakan Benchmarking yang efektif memperoleh insight dalam perkembangan rumah sakit,” katanya.

Opexcon merupakan acara puncak dari seminar seluruh rangkai Opexion Project Competition 2020, yakni sebuah kompetisi improvement terbesar yang di gagas oleh SHIFT Indonesia dan sudah di gelar sejak tahun 2012.

Dalam acara tersebut RS Iskak menampilkan tiga peserta yaitu Padi Wangi, Si Dia dari Gizi dan Damai dari maintance Instalasi Pemeliharahaan Sarana (IPS) sebagai pemenang lomba yang kali ini.

Zuhrotul Aini sapaan Wadir yang banyak senyum ini menyampaikan, dalam acara puncak Opexcon Project Competition 2020 ada 69 finalist dapat kita kalahkan, ini merupakan proses panjang untuk mendapatkan perdikat pemenang kategori service dalam kompetisi ini. “Best Improvement of The Year,” katanya.

Lomba kali ini mengedapan improvement dengan menggunakan metode Lean Six Sigma yang intinya menuju ke efisiensi dan pengembangan pelayanan.

Masih menurut dia, damai ini sendiri nanti kedepan gambaranya semua alat-alat medis dilakukan daily maintenance perhari yang diharapkan mengurangi kerusakan, kalau kita punya barang dilakukan perbaikan setiap hari maka barang tersebut tidak sampai cepet rusak.

Sehingga akan lebih awet dan itu merupakan terobosan baru, dimana kami lihat rumah sakit lain belum banyak yang mengembangkan sitem ini.

Dengan inovasi damai ini  umur alat dari penelitian yang kita lakukan kerusakannya bisa turun sampai dua puluh persen, sehingga dalam lomba kemarin kita ada projectnya yang sudah diujicoba dan ternyata alat-alat medis bisa turun kerusakannya hingga dua puluh persen.

Yang perlu dilakukan damai adalah dengan mapping semua alat-alat yang ada di rumah sakit ini, kemudian persiapan SDM dengan membentuk team dari  instalasi alat-alat pemeliharaan sarana itu sendiri.

Kemudian dari team ada pembentukan training apa yang harus dilakukan untuk semua alat yang ada di rumah sakit, setelah itu ada pembagian tugas tertentu dari team ini yang akan menangani alat di unit masing-masing. Sehingga area di rumah sakit semua tercover untuk daily maintencenya.

“Damai tentunya tidak berdiri sendiri dalam pelaporannya tetap  menggunakan geogle form aplikasi menggunakan gundala,” pungkasnya. (Adv)

Reporter : Sigit

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed