oleh

Rancangan Awal RPJMD 2021-2026 Dibahas DPRD Bersama TAPD

TRENGGALEK | optimistv.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Trenggalek bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) membahas rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Penjabaran visi misi Bupati terpilih tersebut akan menjadi langkah dalam mengambil kebijakan lima tahun kedepan. Sehingga dalam prosesnya DPRD memberikan banyak masukan kepada TAPD untuk diselaraskan.

Samsul Anam selaku Ketua DPRD Trenggalek usai pelaksanaan rapat yang digelar pada Rabu (14/4/2021) itu mengatakan bahwa ini masih dalam proses rancangan awal pembahasan RPJMD.

Mengingat rancangan tersebut akan diperuntukkan lima tahun kedepan maka DPRD memberi banyak masukan kepada TAPD selain mempercepat membahas peraturan daerahnya juga diminta secara detail penjabaran yang harus disampaikan.

“Dengan melihat kondisi di daerah, target maupun sasaran masih banyak masukan yang perlu dibenahi,” ucapnya.

Lanjut Samsul, alhasil dari rapat awal ini TAPD telah bersedia merevisi dan memperbaharui masukan dari DPRD. Masukkan tersebut seperti target estimasi pendapatan masih memungkinkan untuk ditambah.

Hal itu disampaikan bukan tanpa alasan, karena melihat obsesi dari Bupati sendiri sangat tinggi, namun DPRD melihat dari aspek pendapatan lima tahun kedepan ditargetkan sangat minim.

“Karena logikanya, harapan yang sangat besar juga harus di dukung oleh fiskal yang besar pula,” tegasnya.

Ditambah Samsul, dengan demikian DPRD melihat masih perlu adanya sinkronisasi TAPD dengan potensi fiskal yang ada. DPRD memang tidak mentarget, namun jika dilihat dalam penjabarannya maka harusnya lebih tinggi sesuai obsesi Bupati.

“Setelah ini kita masih akan rapat bersama kembali, karena DPRD juga masih banyak memberikan masukan untuk pembenahan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Trenggalek Joko Irianto saa dikonfirmasi awak media menjelaskan bahwa TAPD telah menerima masukan dari DPRD.

Setelah ini TAPD akan segera memperbaiki dan memasukkan masukkan tersebut. Selanjutnya TAPD akan kembali membahasnya lagi bersama DPRD.

“Kita akan membahas lagi selama tiga hari kedepan, sebelumnya semuanya final belum bisa dikirim kepada Gubernur,” jelasnya.

Reporter : Mar’atus / Hardi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed