oleh

Profil Cakades Dringu No. 2 Bentuk Pimpinan Sederhana Berkarakter dan Amanah

PROBOLINGGO | optimistv.co.id – Memilih Pemimpin itu harus yang punya karakter, punya kredibilitas, menjadi inspirasi keteladanan dan mampu menumbuhkan harapan.

Pemimpin berkarakter sudah barang tentu bukan sosok karbitan atau yang hanya mengandalkan pengalaman jabatan, jam terbang politik, dan deretan panjang aktivitas kemasyarakatan, tanpa catatan prestasi yang jelas dalam semua kiprahnya itu.

Pemimpin berkarakter adalah pemimpin yang mampu membuat perubahan masa depan bagi rakyat dan memperjuangkan perubahan itu dengan melakukan perubahan mendasar dalam pemerintahan desa dan masyarakatnya dengan bertopang pada nilai-nilai masyarakatnya sendiri.

Di samping berkarakter pemimpin juga diharapkan memiliki kredibilitas. Ini menyangkut komitmen, integritas, kejujuran, konsistensi dan keberanian seorang pemimpin untuk bertanggung jawab atas pilihannya.

Sosok Kuryadi, SH Calon Kepala Desa Dringu

Bukan jenis pemimpin dengan mental tempe, selalu ragu-ragu dan serba lambat mengambil keputusan di antara sekian banyak pilihan yang memang mustahil sempurna.

Pemimpin yang kredibilitasnya mumpuni, sejak semula diberi amanah siap mempertanggung jawabkan kegagalan tanpa mencari kambing hitam.

Gambaran pimpinan itu terdapat di Sosok Kuryadi SH, warga Desa Dringu yang secara tersirat memperoleh amanah dari sejumlah warga dibeberapa dusun di desa tersebut untuk maju dalam ajang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Ditemui dikediamannya, Kuryadi SH. secara diplomatis mengatakan bahwa secara pribadi sebenarnya dirinya tidak berkeinginan menjadi Kades di desanya.

Namun dukungan yang mengalir dari warga utamanya yang ada disekitar rumahnya untuk menjadi figur pemimpin (Kades) seakan tidak pernah berhenti.

“Setiap bertemu warga, selalu ada permintaan dan pengharapan agar saya mencalonkan diri sebagai Kades,“ ujar pria yang mempunyai aktifitas setiap harinya sebagai seorang swasta profesional.

karakter sederhana tapi tegas dan lugas, berkarakter ini cakades Dringu dengan nomor urut 2 ini menambahkan bahwa dengan keinginan masyarakat yang memberikan amanah pada dirinya untuk menjadi pemimpin di desa ini, setidaknya warga menghendaki adanya perubahan pada semua sektor dalam pemerintahan desa Dringu.

“Merupakan hal yang saya anggap berat, mengingat banyak sesuatu yang perlu dibenahi di desa ini terutama pada sektor pelayanan dan Pembangunan. Jika ditakdirkan menjadi pemimpin di desa ini, mudah-mudahan apa yang diamanahkan oleh warga ini, akan dapat saya jalankan secara maksimal,” tambahnya.

Disinggung apa program atau visi dan misi jika dirinya menjadi kades, dengan lugas pria ini menyampaikan tidak ada hal muluk-muluk yang disampaikan pada warga terkait visi dan misi yang dimaksud.

Visi :
BERSAMA MEMBANGUN DESA MELALUI TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BERSIH, TRANSPARAN, AKUNTABEL DAN PARTISIPATIF MENUJU DESA YANG MAJU, MANDIRI DAN BERBUDAYA BERLANDASKAN AHLAKUL KARIMAH

Misi :
Mewujudkan dan meningkatkan serta meneruskan tata kelola pemerintahan Desa yang lebih baik;
Meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat desa dan daya saing desa;
Mewujudkan kepemimpinan yang baik, bijaksana, tegas dan berwibawa;
Mewujudkan keamanan dan ketertiban dilingkungan Desa Dringu;
Meningkatkan kesehatan, kebersihan desa serta mengusahakan Jaminan Kesehatan Masyarakat melalui program pemerintah;
Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan mewujudkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan program lain untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa;
Meningkatkan sarana dan prasarana dari segi fisik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, olahraga dan kebudayaan di desa;
Meningkatkan kehidupan sosial yang harmonis, toleran, saling menghormati dalam kehidupan berbudaya berlandaskan keimanan dan ketakwaan di desa Dringu;
Mengedepankan kejujuran, keadilan, transparansi dalam kehidupan sehari – hari baik dalam pemerintahan maupun dengan masyarakat desa.
Memelihara keseimbangan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan dengan memanfaatkan sumberdaya alam untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. ( Bersambung)

Reporter : Nanang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed