oleh

Peringati Malam Satu Suro, Pemkab & Disparbud Magetan gelar Pagelaran Wayang Kulit Virtual

MAGETAN | optimistv.co.id – Dalam rangka memperingati Satu Suro atau perayaan Tahun Baru Jawa, Pemerintah Kabupaten Magetan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengadakan pagelaran Wayang Kulit Virtual di Makam Eyang Ronggo Galih, yang neralamatkan di Desa Durenan, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan. Kamis, 20 Agustus 2020.

Sebelum diadakannya Pagelaran Wayang Kulit, terdapat hal religius yang dilaksanakan para Sesepuh dan para warga yang berada di Makam Eyang Ronggo Galih tersebut, Para Sesepuh serta warga sekitar melaksanakan ritual tertentu sebelum diadakannya Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk ini.

 

Kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Venly Tomi Nicolas, selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan serta jajaran Perangkat Desa setempat, dan juga masyarakat setempat. Dalam kegiatan kali ini, di Dalangi oleh Ki Putut Puji Aguseno S Sn M.sn

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, Venly Tomi Nicolas mengatakan, akan terus mengembangkan potensi budaya yang ada di Magetan, salah satunya Pagelaran Wayang kulit ini.

 

“Dalam masa Pandemi COVID-19 ini, pengembangan potensi budaya khususnya di Magetan ini sempat terhenti, oleh karena itu saya bekerja sama dengan pihak pengelola untuk menggelar Wayang kulit secara virtual yang tentunya dapat menjadi konsep baru di masa Pandemi COVID-19 ini dan yang pasti potensi budaya dan seniman yang ada di Magetan bisa berkembang,” pungkasnya

Dan perlu kita ketahui, bahwa Eyang Ronggo Galih merupakan Bupati ke 2 Kabupaten Magetan yang memerintah pada tahun 1703 – 1709.

Reporter : Dimas-Dendi-Ipung

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed