oleh

Pendapa Kabupaten Kediri Diberi Nama Panjalu Jayati

KEDIRI | optimistv.co.id – Tekad Bupati Kediri, H. Hanindhito Himawan Pramana, SH yang akrab disapa Mas Bup Dhito, untuk menjadikan Pendapa Kabupaten Kediri sebagai rumah rakyat, ternyata bukan hanya bualan semata. Terbukti, sejak dilantik pada akhir bulan Februari kemarin, Pendapa yang berlokasi di sebelah timur Alun-Alun Kediri ini selalu digunakan untuk acara Ngopi (Ngobrol Persoalan dan Solusi) bersama rakyat.

Mas Bup Dhito juga merasa ada yang kurang dengan keberadaan Pendapa tersebut, karena belum memiliki nama. Setelah melalui berbagai proses panjang untuk pemberian nama Pendapa Kabupaten Kediri, akhirnya ditetapkan untuk diberi nama “Panjalu Jayati”.

Penetapan pemberian nama Pendapa Kabupaten Kediri Panjalu Jayati ini merupakan kesepakatan dari para budayawan dan penggiat kesenian di daerah setempat, Bagian Hukum, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Kediri, ketika menggelar sarasehan di pendapa, Kamis, 18 Maret 2021 sore.

Sarasehan dan penentuan nama Pendapa Kabupaten Kediri menjadi Pendapa Panjalu Jayati

Seusai ditetapkan, tim perumus DK4 (Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Kediri), Khusnul Arif, S.Sos, secara simbolis menyerahkan nama “Panjalu Jayati” kepada Mas Bup Dhito untuk diresmikan menjadi nama Pendapa Kabupaten Kediri.

Menurut Khusnul Arif, S.Sos, sebelum ditetapkan nama Panjalu Jayati ini sebenarnya ada banyak nama dan akhirnya mengerucut menjadi empat nama pilihan, yaitu Kameswara, Pendapa Acalapati, Samarawijaya, dan yang terakhir adalah Panjalu Jayati.

“Nama Panjalu Jayati ini dipilih untuk dijadikan nama dari Pandapa Kediri karena mengandung makna “Kerajaan Panjalu Berjaya”. Panjalu Jayati adalah slogan yang terukir melintang pada bagian atas Prasasti Hantang,” kata owner Radio Jayakatwang FM dan Panjalu FM yang selalu nguri-nguri budaya ini.

Pendapa Panjalu Jayati yang berlokasi di sebelah timur Alun-Alun Kediri

Ditambahkan Mas Pipin, panggilan akrab Khusnul Arif, S.Sos, Panjalu Jayati juga mempunyai artian luas yang merupakan program untuk membawa kejayaan dari berbagai aspek bidang di wilayah Panjalu.

“Sebagaimana diketahui, Prasarti Hantang juga merupakan prasasti pertama yang diterbitkan oleh Sri Maharaja Mapanji Jayabaya pada tahun 1057 saka (1135 Masehi),” tutur Founder Yayasan LPS (Laskar Peduli Sesama) yang juga Sekjen ARSSLI (Asosiasi Radio Siaran Swasta Lokal Indonesia) ini.

Sementara itu, Mas Bup Dhito, dikonfirmasi seusai penetapan nama Pendapa Kabupaten Kediri ini mengatakan, pemberian nama tersebut merupakan hasil diskusi bersama para budayawan dan kesenian yang faham dengan sejarah Kediri.

“Untuk peresmian nama Pendapa Panjalu Jayati ini rencananya akan kita umumkan besuk tanggal 25 Maret, bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke-1217 tahun,” terang Mas Bup Dhito.

Reporter : Zainal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed