oleh

Pendamping Kecamatan Geneng Tanda Tangan Kontrak Dengan DPPR Kabupaten Ngawi

NGAWI | optimistv.co.id – Pendampingan program sangatlah penting untuk mengawal pelaksanaan pembangunan hingga sampai benar-benar diterima masyarakat desa. Maka pemrov adakan seleksi untuk peserta pendamping program PISEW. OPD Kabupaten Ngawi tinggal menerima pendamping yang sudah ditunjuk oleh provinsi.

Adapun PISEW mempunyai program yang sangat diinginkan semua wilayah desa. Program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan masyarakat. Dimana bertujuan agar masyarakat di pedesaan, berdaya dan mampu mengelola sumberdaya lokal yang ada dengan lancar guna meningkatkan perekonomiannya. Yang didukung oleh pembangunan program PISEW.

Menurut keterangan Kabid Perumahan Rakyat Drs.Dwi Sasmito mewakili Kepala Dinas perumahan rakyat dan Pemukiman Drs. Purwono usai sosialisasi sekaligus penandatangan kontrak dengan pendamping pada awal September yang lalu.

Sampaikan juga bahwa kabupaten Ngawi sudah selesaikan 10 titik dari 5 kecamatan infrastruktur berupa drainase dan jalan ditahap pelaksanaan Penerimaan PISEW yang pertama. Kemudian di hari ini adakan tanda tangan kontrak dengan pendamping Kecamatan Geneng yang turut hadir dari Tim provinsi.

Untuk memulai pelaksanaan PISEW yang tahap kedua. Yang kedua hanya dua titik saja, daerah terverifikasi desaTepas dan desa Geneng, untuk yang belum terima tahun ini mendasar pengajuan proposal akan dilanjutkan tahun depan jika program masih berjalan.

Tahap kedua dilaksanakan di kecamatan Geneng  lokasi tepatnya desa Tepas dan desa Geneng. Untuk wilayah desa Tepas berupa TPT dan wilayah desa Geneng sarana jalan lingkungan. Verifikasi yang matang dengan pertimbangan terkait kepentingan masyarakat.

Jalan lingkungan desa tidak hanya sebagai lintas jalan para pengguna jalan, namun desa Geneng mempunyai areal persawahan yang luas, tentunya utama sebagai lintas kendaraan kepentingan perekonomian para petani, yang mana sebagai lintasan kendaraan pengangkut hasil pertanian padi. Mobil truk pembeli padi lumayan terus menerus tiap hari di pasca panen.

Untuk Desa Tepas sangat diperlukan TPT (tepi penguat jalan)  sebagai pembatas antara jalan dan saluran, yang sangat penting, untuk aliran sawah juga yang lain, Desa Tepas sering selalu gunakan jalan lintas untuk truk pengangkut tebu ke perusahaan juga perdagangan menuju pasar desa.

Infrastruktur baik drainase atau jalan, sebagai penghubung antar desa masuk program PISEW, karena desa tidak cukup dalam penganggaran pembangunan dari dana desa sendiri, maka Kementerian membantu. Pemerintah peduli untuk selesaikan permasalahan yang membangun peningkatan dongkrak ekonomi rakyat.

Peranan OPD Dinas Perumahan Rakyat dan pemukiman terkait dengan PISEW sebagai timlak, tambah Kabid Dwi. Dimana Tim provinsi terlibat untuk monitoring dan sosialisasi baik prakontruksi atau perencanaan kontruksi menggandeng OPD Kabupaten Ngawi. Maka dari itu dalam melaksanakan PISEW bersinergi dengan berbagai pihak pendamping , masyarakat, daerah, provinsi dan pusat.

Reporter : Suci

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed