oleh

Pemkot Probolinggo Jalin Kerjasama ”Laut Tera” dengan Pengadilan Negeri

Probolinggo | optimistv.co.id – Laut Tera merupakan sebuah layanan publik yang digagas oleh Pengadilan Negeri Probolinggo (PN) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Probolinggo, untuk memudahkan masyarakat melakukan pengurusan surat keterangan elektronik. “Kita mempermudah masyarakat untuk menggunakan layanan Pengadilan Negeri bekerja sama dengan Pemkot Probolinggo, hadir produk surat keterangan elektronik,” jelas Ketua PN Probolinggo Boedi Haryantho, Jumat (1/10), di rumdin wali kota usai melakukan penandatanganan MoU dengan Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin.

Penandatanganan MoU Oleh Wali Kota Probolinggo

Kerjasama ini sebagai bagian langkah strategis PN untuk memanfaatkan dan mengefektifkan surat keterangan elektronik. “Selama ini kan, masyarakat harus datang, mendaftar ke PN. Setelah itu, menunggu untuk diproses lalu kembali lagi untuk mengambil lagi suratnya,” tutur Boedi.

Kerjasama surat keterangan elektronik ini meliputi surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana, surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya, surat keterangan dipidana karena kealpaan ringan atau alasan politik dan surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang secara perorangan dan atau secara badan hukum yang menjadi tangung jawabnya yang merugikan keuangan negara.

Penandatanganan MoU Oleh PN Probolinggo

Dengan demikian, Boedi menambahkan dengan adanya kerjasama ini, Laut Tera memudahkan masyarakat menggunakan gawai melalui website baik dari handphone maupun komputer. “Masyarakat yang sibuk, ada masalah dengan handphonenya (signal, dan sebagainya), bisa datang ke kelurahan atau kecamatan mengakses melalui komputer di kelurahan atau kecamatan,” ucap Boedi.

Layanan Laut Tera ini diharapkan mampu mengoptimalkan jangkauannya. “Kami (PN) bekerja sama dengan pemkot, aplikasi tersebut dapat diintegrasikan di kelurahan dan kecamatan. Sehingga semakin memudahkan akses masyarakat terhadap surat keterangan tersebut,” ujar Boedi.

Guna optimalisasi itu, pihak Pengadilan Negeri bersedia akan memberikan sosialisasi Layanan Laut Tera kepada operator atau petugas yang ada di kecamatan dan kelurahan, menyediakan sarana sosialisasi berupa brosur yang akan disebar di Mall Pelayanan Publik dan kecamatan juga menugaskan personelnya bertugas membantu jalannya layanan.

Wali Kota Habib Hadi pun mengapresiasi layanan publik dari PN Probolinggo tersebut. “Tentunya, kami sangat mendukung inovasi yang pada dasarnya memudahkan masyarakat mendapat pelayanan. Di era teknologi sekarang ini, semua pelayanan lebih mudah dan cepat,” katanya. (Hms)

 

Reporter : Nanang.S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed