oleh

Pemkab Lumajang Pastikan Relokasi Aman dibantu Badan Geologi Kementerian ESDM

LUMAJANG | optimistv.co.id – Pemerintah Kabupaten Lumajang terus mematangkan persiapan relokasi warga terdampak Awan Panas Guguran Gunung Semeru.

Untuk memastikan relokasi aman, pemkab dibantu Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Rabu (15/12/2021).

“Hari ini rapat bersama Badan Geologi dan balai perumahan untuk memastikan apakah lahan calon relokasi korban erupsi semeru dalam zona aman,” ungkap Bunda Indah.

Bunda Indah mengungkapkan bahwa relokasi warga terdampak APG memiliki permasalahan yang kompleks, ia mengibaratkan relokasi tersebut layaknya jebol desa mengingat jumlah warga yang terdampak cukup banyak.

Bunda Indah saat Meninjau Lokasi Bencana Erupsi Gunung Semeru

Oleh karenanya penentuan lokasi untuk memindahkan suatu desa yang terdampak bencana harus memastikan beberapa aspek, bukan hanya dari sisi keamanan dari dampak bencana.

Bunda Indah menjelaskan bahwa relokasi memerlukan kajian menyeluruh guna menjamin rasa aman masyarakat dalam jangka panjang.

Kajian-kajian yang dilakukan untuk calon lokasi baru harus lengkap seperti pemetaan geologi, morfologi, sungai, dan juga pemetaan air tanah.

“Tentu aman dan nyaman dari semua aspek kehidupan. Ketersedian mata air/air bawah tanah, kemiringan lahan, dll. Cak Thoriqul Haq dan saya akan berupaya yang terbaik,” terang Bunda Indah.

Setelah rapat koordinasi, Bunda Indah bersama rombongan Badan Geologi menyempatkan meninjau calon lokasi di lahan milik Perhutani di Desa Sumbermujur, Candipuro.

Dalam beberapa hari ke depan, tim dari badan geologi akan mengkaji calon lokasi baru termasuk di Desa Oro-oro Ombo Pronojiwo

Reporter : Nanang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed