oleh

Pemerintah Desa Duko Gelar Kegiatan Penyaluran BLT DD dan JPS Pemkab Sumenep

SUMENEP | optimistv.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Duko, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dan Bantuan Jaminan Pengamanan Sosial (JPS) dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep. Senin 28 Desember 2020, sekira pukul 14.00 wib.

Kegiatan yang digelar di Balai Desa Duko tersbut dihadiri oleh jajaran Forum Pimpinan Kecamatan Rubaru, dalam hal ini Camat Rubaru, Kapolsek Rubaru, Koramil Rubaru, BPD dan seluruh aparatur Desa setempat.

Kepala Desa (Kades) Duko, Munif, SAJ, M.Pd, menyampaikan, bahwa kegiatan penyaluran BLT DD kali ini merupakan penyaluran dari tahap empat sampai dengan tahap enam. Namun untuk nominal bantuannya itu tidak sama dengan tahap sebelumnya.

“Kalau tahap sebelumnya itu kan per-bulan Rp. 600.000, tapi yang sekarang ini per-bulan Rp. 300.000. Karena penyalurannya kita rapel, setiap penerima manfaat itu menerima uang sebesar Rp. 900.000,” kata Kades Munif, kepada media ini. Senin (28-09) di Balai Desa setempat.

Lebih lanjut, Kades tiga periode itu menuturkan, ada sekitar 45 KK di Desa Duko yang selama ini telah terdaftar sebagai peserta manerima BLT DD.

“Dan rata-rata para penerima BLT DD di Desa Duko ini merupakan warga yang kurang mampu, dan juga tidak tercover sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) lainnya,” terangnya.

Selain itu, sambung Kades Munif sapaan akrabnya itu, pada kesempatan kali ini, kami juga melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan Jaringan Pengaman Sosial dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Yangmana setiap penerima manfaat mendapatkan bantuan uang sebesar Rp. 200.000 per-bulan.

“Ada sekitar 310 KK yang menerima bantuan JSP dari Pemkab Sumenep. Sementara penyalurannya juga dirapel, para penerima mendapatkan bantuan tersebut tiga bulan sekaligus yaitu sebesar Rp. 600.000,” ujarnya.

Beliau berharap dengan adanya bantuan BLT DD dari Pemdes Duko dan bantuan JPS dari Pemkab Sumenep dapat membantu meringankan beban hidup para penerima manfaat ditengah situasi perekonomian yang saat ini tidak menentu akibat dari bencana pandemi Covid-19 ini.

“Kami berharap kepada seluruh penerima manfaat agar bantuan sosial tersebut dipergunakan dengan baik, misalnya dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari,” harapnya.

Hasil pantauan langsung awak media optimistv.co.id., di lapangan, selama kegiatan tersebut berlangsung, berjalan dengan aman, damai dan kondusif. Dan sebelum acara penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) itu dimulai, Pemerintah Desa Duko membagikan ratusan masker kepada seluruh penerima manfaat.

Reporter : Basori – Endar

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed