oleh

Pemdes Tumpak Oyot Gelar Musdes RKP Desa Tahun 2022

BLITAR | optimistv.co.id – Dalam rangka untuk melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif, berkesinambungan serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa perlu dilakukan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa setiap tahunnya.

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Desa Tumpak Oyot, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKPDes) Desa Tumpak Oyot Tahun Anggaran 2022 di kantor desa setempat, Kamis ( 02/09)

Dalam Musdes kali ini dihadiri oleh Pendamping Desa, Kepala Desa bersama Perangkat Desa Tumpak Oyot, Ketua LPMD, Ketua TP-PKK, Ketua RT dan RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, Guru PAUD, TK, SD dan perwakilan kelompok perempuan.

Musdes dibuka oleh Kepala Desa Tumpak Oyot, Supriyono, yang dalam sambutannya mengatakan, mudes ini adalah acara rutin tahunan dalam penyusun rencana kerja pemerintah desa dengan beberapa agenda penting terkait dengan persiapan penyusunan RKPDesa Tumpak Oyot Tahun Anggaran 2022 yakni Pencermatan RKPDesa Tahun Berjalan, Pencermatan Ulang RPJMDesa, Penyampaian Pandangan dan Pokok-Pokok Pikiran BPD, serta pembentukan Tim Verifikasi Desa Tumpak Oyot.

Dalam pencermatan RKPDesa Tumpak Oyot Tahun Anggaran 2021, yakni penyampaian realisasi RKP Desa per 02 September 2021 oleh Kepala Desa Tumpak Oyot.

Kepala Desa Tumpak Oyot, Supriyono mengungkapkan, untuk anggaran tahun 2021 yang sudah direalisasikan secara keseluruhan telah mencapai lebih dari 85% realisasinya. Namun perlu diketahui, ada beberapa program yang tidak bisa terealisasi akibat adanya refocusing anggaran dalam upaya pencegahan Covid-19.

Kades yang akrab disapa Pak Supri 8ni juga menambahkan, anggaran yang belum terealisasi di tahun 2021 agar dapat dimasuk kembali pada tahun anggaran 2022. Menurutnya, selain fisik, seluruh anggaran digunakan untuk lima bidang wajib dan BLT DD tahun anggaran 2022

Sementara itu, menanggapi penyampaian realisasi RKPDesa per 02 September 2021 oleh kepala desa, Ketua BPD Tumpak Oyot, Tulus menyampaikan bahwa semua anggaran yang telah direaliasikan telah berjalan secara normatif. Kedepannya Pemdes diharapkan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam segala bidang.

Dalam kesempatan ini, dibahas dan disusun beberapa pembangunan fisik yang belum terealisasi di tahun 2021 dan penambahan usulan baru rencana pembangunan desa untuk tahun anggaran 2022 dari seluruh dusun se-Desa Tumpak Oyot serta penambahan usulan dari Rembuk Sunting.

Tim Verifikasi yang nantinya akan bekerja dalam hal verifikasi keberadaan sasaran rencana pembangunan desa tahun anggaran 2022 juga dibentuk dalam Musdes ini.

Reporter : Muklas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed