oleh

DPP Langsung Beri Pelatihan Pengolahan Mandiri Berbahan Lokal

NGAWI | optimisitv.co.id Dinas Pangan dan Perikanan, Jum’at, 26 November 2021, mengadakan pelatihan membuat pakan ikan mandiri, lokasi di gedung pelatihan perikanan.

Kegiatan pelatihan tersebut berpotensi menambah perekonomian keluarga. Pelatihan ini sangat disambut antusias oleh pembudidaya ikan se Kabupaten Ngawi, yang selama ini mengeluhkan harga pakan yang semakin tinggi dari pabrikan.

Maka permasalahan ini sangatlah dipertimbangkan oleh pemerintah pusat sampai daerah. Mencari solusi terkait kendala pakan ikan harga mahal. Diturunkan program sosialisasi dan pelatihan membuat pakan dengan bahan baku lokal.

Dari Dinas Pangan menyampaikan masyarakat agar mampu membuat pakan mandiri dengan memanfaatkan bahan baku yang ada di sekitar. Dengan pembekalan ilmu dan pelatihan.

Dalam hal ini, para peserta diberikan materi berupa pemilihan bahan baku sesuai dengan ketersediaan di alam, penyusunan formulasi, fermentasi bahan baku, pencetakan pakan, uji kualitas pakan, hingga pengemasan, dan penyimpanan pakan.

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Bonadi berharap, setelah pelatihan ini peserta mampu membuat pakan ikan secara mandiri dengan kualitas yang sama dengan pabrikan.

Reporter : Suci

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed