oleh

Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Koperasi Kabupaten Madiun TA 2020

MADIUN | optimistv.co.id – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun, melalui Bidang Koperasi menggelar kegiatan Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Koperasi Tahun Anggaran 2020 di Balai Diklat Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun, Jl. Alun-Alun Utara No.4, Madiun, Jawa Timur, Rabu (25/11/2020).

Adapun kegiatan tersebut berlangsung melalui tiga tahapan dengan narasumber berbeda. Pelaksanaan kegiatan ditempat yang sama, Balai Diklat Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun, Jl. Alun-Alun Utara No.4 Kota Madiun, Jawa Timur, dan berakhir hari Sabtu, 28 November 2020.

Kegiatan tersebut meliputi satu, ‘Pemberdayaan Marketplace Koperasi Sektor Riil melalui Digital Marketing’. Dimulai dari hari Kamis-Sabtu, tanggal, 5-7 November 2020, peserta sebanyak 30 orang terdiri dari Koperasi sektor jasa, retail, dan konsumen. Narasumber Wiyono, SE, MM dan Syauqi Haris, SE, MM, dari Radian Mitra Mandiri Malang, Jawa Timur.

Dua, ‘Aktivitas Pengembangan Unit Simpan Pinjam Koperasi Melalui Offline to Online Financial Managament’, mulai kegiatan hari Kamis-Sabtu, tanggal, 12-14 November 2020, peserta 30 orang dari Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam. Narasumber Wiyono, SE, MM, dan Syauqi Haris, SE, MM dari Radian Mitra Mandiri Malang, Jawa Timur.

Tiga, ‘Pelatihan Kerajinan Dekorasi Dalam Ruangan Bagi Anggota Koperasi di Sekitar Kawasan Destinasi Pariwisata ‘, kegiatan dari hari Kamis-Sabtu, tanggal, 19-21 November, dan hari Senin s/d Sabtu, tanggal, 23-28 November 2020. Peserta 90 orang dari anggota Koperasi yang ada disekitar kawasan Destinasi Pariwisata. Narasumber Teguh Adi Prasetyo, dari Mahadana Idea Creativa Surabaya, Jawa Timur, Tiwung Dian, Dian Art Surabaya, dan Zahida dari LPK Prestasi Bojonegoro, Jawa Timur.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Perdagkop dan UM (Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro) Kabupaten Madiun, Indra Setyawan, SE, MM, ‘Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Koperasi’ merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian.

“Khususnya melalui penyediaan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan dan tingkat kemiskinan. Dengan demikian upaya untuk memberdayakan dan mengembangkan usaha koperasi harus terencana, sistematis, serta menyeluruh baik pada tataran makro, meso dan mikro dengan fokus pengurus, pengawas, manager, karyawan dan anggota,” terangnya.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, pencapaian upaya pemberdayaan usaha anggota koperasi skala mikro, untuk meningkatkan pendapatan anggota yang bergerak dalam usaha ekonomi disektor informal disekitar kawasan Destinasi Pariwisata.

“Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun, dalam penentuan lokus dan fokus serta pembinaan, pendampingan kelembagaan, usaha, dan manajemen pasca pelatihan,” katanya.

Indra menambahkan, mengurangi masalah eksternal yang dihadapi oleh usaha koperasi sektor simpan pinjam dan sektor riil serta usaha skala mikro anggota koperasi.

“Diantaranya rendah income dan besar biaya transaksi akibat iklim usaha yang kurang mendukung akibat pandemi Covid-19,” tandasnya.

Mempersiapkan koperasi dan anggota yang memiliki usaha untuk menghadapi tantangan terutama yang ditimbulkan pesatnya perkembangan Globalisasi Ekonomi dan Liberalisasi Perdagangan bersamaan dengan tingkat kemajuan teknologi.

Kedepannya untuk memaksimalkan pemberdayaan dan pengembangan usaha koperasi dari segi kuantitas yang diimbangi meratanya peningkatan kualitas, serta meningkatkan produktivitas usaha dari aspek internal koperasi.

Kadis Perdagkop dan UM Indra menambahkan, untuk memaksimalkan pemberdayaan dan pengembangan usaha koperasi harus disertai peningkatan kualitas SDM koperasi dalam manajemen, organisasi, penguasaan teknologi, dan pemasaran.

“Menguatkan kewirausahaan dari para anggota koperasi, serta memperluas akses terhadap permodalan, informasi teknologi, pasar, serta sektor usaha koperasi lain,” pungkasnya.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Indra Setyawan, SE, MM, Kepala Bidang Koperasi, Bambang Soedjijono, S.Sos, M, Si. Kepala Seksi Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Koperasi, Citra Noviyanto, S.Sos, serta Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Anang Sulistijono, S, Sos, M.Si.

Reporter : Benny

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed