oleh

Pembangunan Pavingisasi Jalan Desa Pajaran Terealisasi Dengan Baik

MADIUN | optimistv.co.idPemerintah Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, memfokuskan pembangunan infrastruktur paving jalan desa dengan tujuan untuk meningkatkan sarana transportasi dan meningkatkan perekonomian warga masyarakat setempat.

Kepala Desa Pajaran, Tri Handono dikonfirmasi mengatakan, dengan adanya pandemi, anggaran untuk infrastruktur sebagian dialihkan guna penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kendati demikian, pihaknya merasa bersyukur dengan adanya Bantuan Keuangan Khusus (BKK), sehingga dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan pembangunan pavingisasi jalan dusun antar RT di Dusun Setren.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih adanya Bantuan Keuangan Khusus tersebut bisa membangun pavingisasi jalan dusun antar RT di Dusun Setren, dan sekarang sudah 70 persen. Untuk tenaga pekerja melibatkan warga sekitar dengan sistim padat karya tunai (swakekola). Dahulu kondisi jalan aspal sudah rusak berat,” ujar Tri Handono, Rabu, 9 Juni 2021.

Tri Handono, Kepala Desa Pajaran

Lebih lanjut Tri Handono menambahkan, pembangunan paving ini dilaksanakan dengan panjang 309 meter, kali 3,5 meter di lingkungan Dusun Setren. Jalan tersebut merupakan suatu penghubung darat yang dilalui kendaraan oleh warga masyarakat setempat.

“Jalan ini akan sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat dari berbagai sisi dan aspek, masyarakat akan mendapatkan berbagai keuntungan dari pembangunan paving jalan ini, karena setiap aktifitas masyarakat tidak lepas dari jalan. Oleh karena itu, pembangunan paving jalan desa atau lingkungan ini menjadi prioritas Pemdes Pajaran,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Setren, Sukarlan dikonfirmasi mengatakan, pembangunan paving jalan tersebut dikerjakan oleh masyarakat setempat dan sudah berjalan 10 hari.

“Alhamdulillah tidak ada kendala dalam pelaksanaanya. Dan untuk tenaga pekerjaan bisa menyerap 14 orang pekerja dengan tukang. Sebelumnya jalan ini sudah diaspal, pada tahun 2009 sudah rusak. Dengan adanya pembangunan pavingisasi jalan desa antar RT ini semoga bisa memperlancar perekonomian masyarakat,” harapanya.

Sukarlan menambahkan, untuk pembangunan jalan paving ini disiapkan bahan baku seperti pasir, paving, kuskub dan kastin (untuk pinggiran), dan lain sebagainya. Pihaknya juga merasa bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat karena dengan adanya BKK tersebut dapat mengembangkan potensi desa yang ada untuk memperkuat perekonomian masyarakat

“Disitu berbagai program infrastruktur telah kami optimalkan demi kesejahteraan dan perekonomian warga. Sedangkan untuk pengerjaan pavingisasi ini sudah 70 persen, Insya Alloh tujuh hari lagi sudah selesai 100 persen,” tambahnya Sukarlan. (Adv)

Reporter : S. Rudi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed