oleh

Pemanfaatan Tanaman Lahan Pekarangan di Kabupaten Madiun

MADIUN | optimistv.co.id – Pemerintah Kabupaten Madiun dalam kondisi pandemi Covid-19, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), mengajak masyarakat desa untuk memanfaatkan lahan pekarangan.

Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dimasa pandemi, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Penta Lianawati, mengajak masyarakat untuk giat menggunakan lahan pekarangan untuk ditanami tumbuhan yang bermanfaat.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Madiun, Joko Lelono, bahwa pemanfaatan lahan pekarangan merupakan upaya solutif dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Bantuan bibit untuk pemanfaatan tanaman lahan pekarangan di 206 desa se-Kabupaten Madiun ini bersumber dari Refocusing Anggaran APBD Kabupaten Madiun Tahun 2020 di Dinas PMD. Adapun bibit yang diberikan diantaranya tomat, terong, cabe, jeruk nipis, pepaya, kangkung dan sawi.

Secara simbolis penanaman bibit dilakukan oleh Bupati H. Ahmad Dawami dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun Penta Lianawati di Desa Mojorejo, Kecamatan Kebonsari, Kamis (3/9/2020).

Bupati Madiun dalam sambutannya mengatakan, bahwa pemanfaatan lahan pekarangan jangan serimonial saja. Kegiatan ini harus dimaknai dan diikuti oleh seluruh masyarakat se-Kabupaten Madiun.

“Kita wajib bersyukur hidup dilahan yang subur yaitu di Negara tercinta Indonesia. Dengan pemanfaatan lahan pekarangan, kebutuhan warga dapat terpenuhi dan tidak perlu ke pasar serta dapat menjaga physical distancing, jangan sampai Covid-19 melawan kelaparan dan kekurangan pangan,” jelasnya.

Bupati Ahmad Dawami menambahkan, untuk kedua hal ini yang perlu dipahami yakni satu melawan Covid-19, dan satunya lagi mendongkrak ekonomi.

Selanjutnya Bupati meminta seluruh elemen masyarakat untuk ikut mendorong ketahanan pangan, baik dari tokoh masyarakat, pemerintah desa, Forkopimda dan tentunya Pemkab Madiun sendiri.

Bupati juga menyinggung tentang kick off sensus penduduk serentak, agar masyarakat jujur saat di data oleh petugas, selain itu agar selalu memakai masker kalau keluar rumah.

“Karena vaksin untuk Covid belum ditemukan, dengan menggunakan masker sangat penting, selalu mematuhi protokol kesehatan dapat menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Madiun,” pungkas Bupati. (Adv)

Reporter : Benny

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed