oleh

Pelantikan Pengurus PBI Seiring Penguatan Bumdes dan Ekonomi Lokal

BLITAR | optimistv.co.id – Pelantikan Perserikatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Blitar Indonesia (PBI) Kabupaten Blitar yang diselenggarakan di Omah Joglo desa Mronjo, Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, pada Sabtu (20/03/2021). Pada acara tersebut hadir Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak didampingi Bupati Blitar Rini Syarifah bersama Kapolres Blitar dan Kepala Dinas dari Provinsi dan Lingkup Kabupaten Blitar juga Ketua Umum PBI Muhammad Iskandar beserta anggota.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak kepada awak media seusai acara mengatakan, Pengelolaan Bumdes harus dikelola secara profesionalisme Sumber Daya Manusianya dan harus didukung oleh pemerintah desa.

“Hal itu tentunya karena banyak sekali aset-aset desa yang dikelola dipercayakan kepada Bumdes dan harapanya dikelola dengan profesional. Tentunya pemerintah mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Pusat akan terus mendukung untuk tumbuh dan berkembangnya BUMDES, namun tentunya juga harus didukung juga oleh pemerintah desa,” ungkap Emil.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengatakan, Dalam hal ini pemerintah harus hadir karena ini menjadi perioritas kita bersama. karena fungsi pemerintah adalah sebagai pengungkit dari spirit masyarakat yaitu kebersamaan dan gotong royong dalam wujud BUMDES dan semoga dengan demikian bisa berkembang yang lebih baik.

“Bumdes adalah suatu hal yang mengedepankan semangat dan kegotong-royongan masyarakat, untuk menunjang penguatan pemberdayaan ekonomi lokal dan pedesaan. Dan di Jawa Timur ini ada 537 BUMDES dari 6100 BUMDES di Jawa Timur kategorinya maju. Hal ini baik untuk bisa bekerjasama dengan pihak swasta dalam tumbuh dan berkembangnya ekonomi lokal kedepanya, namun BUMDES memang harus punya posisioning yang strategis dalam mengembangkan sebuah kerjasama, terutama untuk hal membangun kepercayaan dari pihak swasta,” paparnya.

Sementara itu Bupati Blitar Rini Syarifah, yang hadir mendampingi Wakil Gubernur Jawa Timur juga memberikan semangat bagi pengurus PBI yang baru,”semoga ini bisa membangkitkan ekonomi desa dan juga ekonomi masyarakat,” ucapnya.

Ketua Umum PBI, Mohamad Iskandar saat dikonfirmasi wartawan

Disisi lain Ketua Umum PBI, Mohamad Iskandar ditemui terpisah oleh awak media mengucapkan, terimakasih banyak atas apresiasi luar biasa yang diberikan oleh pemerintah dengan hadirnya Wakil Gubernur Jawa Timur bersama Bupati Blitar dan Kapolres Blitar serta para Dinas pada pelantikan PBI ini.

“Kami ucapapkan terimakasih atas kehadiran dari semuanya tadi, adalah bentuk sinergi dan spirit bagi teman-teman PBI untuk memajukan beberapa usaha yang ada di Kabupaten Blitar. Dan Alhamdulillah pad pelantikan ini, PBI di Blitar juga bekerja sama dengan berbagai Akademis yang ada diBlitar antaralain UNU dan Unisba, juga ada praktisi yaitu Rudi Puryono seorang Advokad untuk mendampingi kinerja dari teman-teman PBI yang ada di Blitar. sehingga kinerja dari teman-teman PBI yang ada diBlitar ini nanti akan terarah sesuai rel undang-undang yang berlaku,” terangnya.

Mohammad Iskandar juga berharap, dan untuk kedepanya  PBI dengan bekerja sama dengan IGB dengan Crosbor akan mengadakan beberapa Event di kecamatan Srengat tanggal 4 bulan depan nanti sebagai bentuk action.

“Karena saat ini PBI dengan sudah ada kinerja terkait pengolahan  pupuk organik, dan ada kerjasama juga dengan IGB yang mempunyai jumlah peternak sekitar 200 peternak untuk pengolahan susu. Dengan keberadaan PBI Blitar akan semakin maju dibidang ekonomi dan pemberdayaan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur Jawa Timur dan Bupati Blitar juga mengucapkan selamat kepada pengurus PBI Kabupaten Blitar yang baru dilantik. (Sn)
Reporter : Muklas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed