oleh

Paripurna DPRD Kabupaten Blitar Semua Usulan Jadi Prioritas RKPD 2023

BLITAR | optimistv,co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto memastikan seluruh usulan pokok-pokok pikiran (pokkir) DPRD hasil serap aspirasi masyarakat menjadi agenda prioritas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023.

Dalam wawancaranya Suwito merinci ada sekitar 1.068 usulan yang telah ditampung DPRD Kabupaten Blitar. Dari 1.068 usulan itu ada 760 usulan terkait dibangunnya sarana prasarana (sarpras) untuk memfasilitasi kebutuhan peningkatan akses ekonomi.

“Seluruh usulan-usulan yang tertuang di dalam pokok pikiran dewan merupakan prioritas pembangunan RKPD tahun 2023.  Sudah tertebak usulan yang paling banyak itu terkait pembangunan infrastruktur. Anggaran pembangunan ini harus dibagi secara objektif karena tidak semua lokasi memiliki keadaan yang sama. Adil bukan berarti sama rata sehingga kiranya pemerintah mampu mempertimbangkan pembagian tersebut,” jelasnya, Sabtu (2/4/2022).

Sambungnya, setelah usulan penyediaan sarpras akses perekonomian, DPRD juga sudah menampung usulan lainnya diantaranya peningkatan akses pelayanan dasar dan penguatan ketahanan sosial sebanyak 169 usulan.

Dilanjutkan, pengembangan kewirausahaan dan pemberdayaan komunitas-komunitas dalam even ekonomi kreatif 78 usulan, pemantapan tata kelola pemerintahan, penguatan BUMD, peningkatan pendapatan daerah 11 usulan, serta peningkatan realisasi invastasi pada sektor produktif dan pengembangan pasar produk unggulan 50 usulan.

Pembangunan daerah Kabupaten Blitar tahun 2023 difokuskan terkait pembangunan SDM dan penguatan infrastruktur perekonomian berbasis kawasan, Suwito berharap ini bisa dikerjakan seusai dengan orientasi dari dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Blitar tahun 2021-2026.

“Saya berharap semoga aspirasi masyarakat bisa direalisasikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar,” pungkasnya.

Reporter : Muklas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed