oleh

Optimalkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Pemkot Kediri Siap Gelar Vaksinasi Usia 6 Tahun Ke Atas

KEDIRI KOTA | optimistv.co.id – Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, bersiap melakukan vaksinasi Covid-19 untuk pelajar usia 6 tahun ke atas menyusul adanya Instruksi Presiden untuk segera melaksanakan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun. Hal itu dilakukan salah satunya guna mengotimalkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyambut baik Instruksi Presiden untuk segera malakukan vaksinasi pada anak usia 6 sampai 11 tahun.

“Kita akan segera tindak lanjuti instruksi Bapak Presiden. Sangat penting untuk segera memberikan vaksinasi pada anak, agar imunitas semakin kuat. Karena mereka juga rentan terpapar virus Covid-19 di tengah sekolah tatap muka atau bermain bersama teman,” ujar Mas Abu

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kediri, Alfan Sugiyanto mengatakan pihaknya masih koordinasi dengan lintas sektor termasuk Dinas Pendidikan terkait dengan rencana kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 tahun ke atas itu.

Menurut dia, untuk anak usia itu adalah tingkat sekolah dasar. Namun, jika masih ada yang setingkat sekolah menengah pertama di Kota Kediri belum ikut vaksinasi, akan dilakukan vaksinasi pada yang bersangkutan.

“Mulai usia 6-11 tahun. Mungkin SD atau SMP yang masih umur di bawah 12 tahun. Tapi ini masih koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kamis paling cepat (vaksinasi Covid-19 untuk anak 6 tahun ke atas),” beber Alfan Sugiyanto, Senin.

Terkait dengan rencana vaksinasi, kemungkinan akan dilakukan di sekolah masing-masing. Namun, semua juga menunggu jadwal tim medis.

“Rabu itu ada jadwal vaksinasi rutin di puskesmas untuk bayi dan balita. Kalau stok vaksin ada, jenisnya Sinovac,” kata Alfan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto juga menyambut baik rencana vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun itu. Saat ini, anak-anak yang sudah vaksinasi Covid-19 adalah usia 12 tahun ke atas.

“Kami siap saja. Ini juga menunggu koordinasi dengan Dinas Kesehatan. Untuk vaksinasi anak usia 12 tahun semua sudah,” kata Siswanto.

Hingga kini, aktivitas sekolah di Kota Kediri masih menerapkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Namun, semua sekolah juga sudah diizinkan untuk Pembelajaran Tatap Muka Terbatas tersebut. Ada 150 sekolah dasar negeri dan swasta di Kota Kediri serta 31 untuk SMP negeri dan swasta.

Di pusat, vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun akan dimulai Selasa, 14 Desember 2021. Jumlah sasaran vaksinasi mencapai 26,5 juta anak berdasarkan data sensus penduduk 2020.

Pelaksanaan vaksinas untuk anak sesuai dengan Instruksi Presiden untuk segera melaksanakan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun. Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

Pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan secara bertahap. Di tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60%.

Sampai saat ini sebanyak 8,8 juta jiwa dari 106 kabupaten/kota dari 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria tersebut, yakni Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.(Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Sekretariat Daerah Kota Kediri)

Reporter : Edy Siswanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed