oleh

Menko PMK Cek Kesiapan Distribusi Bantuan Beras di GBB Paron

KEDIRI | optimistv.co.id – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, Sabtu siang, 19 September 2020, melakukan pemantauan secara langsung persiapan pendistribusi bantuan beras kepada keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH) di wilayah Kediri.

Selain mengecek kualitas besar, dalam kegiatan yang dilakukan di GBB Paron, Kantor Cabang Kediri, Perum Bulog Kantor Wilayah Jawa Timur tersebut Menko PMK juga melakukan penimbangan ulang beras yang sudah disiapkan dalam sak, untuk memastikan beratnya sesuai dengan ketentuan.

“Ini adalah beras medium yang merupakan hasil dari petani lokal di Kediri, dan dibeli oleh Bulog. Sebelum dibagikan kepada para penerima PKH, harus dicek kembali beratnya sudah sesuai atau belum. Kalau ada yang kurang, maka harus dibongkar dan ditambahi lagi,” katanya sambil menunjukkan beras kepada wartawan.

Menko PMK mengecek kesiapan transporter, karena pendistribusian beras tersebut nantinya akan diantar secara langsung kepada para penerima, bukan disuruh mengambil sendiri-sendiri di suatu tempat.

Menko PMK, Muhadjir Effendy, berfoto bersama di depan Gudang Bulog Paron

Dalam kesempatan tersebut, Menko PMK Muhadjir Effendy juga melakukan dialog dengan dua orang PKH calon penerima bantuan beras di Kabupaten Kediri. Selanjutnya Menko Muhadjir secara simbolis menyerahkan bantuan beras seberat 15 kilogram per bulan dari pemerintah ini kepada penerima.

“Beras ini nanti akan diberikan selama tiga bulan, dan dikirim langsung oleh transporter ke rumah si penerima. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan warga di masa pandemi seperti sekarang ini,” terang Menko Muhadjir.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre Kediri, Mara Kamin Siregar, bahwa hingga saat ini stok beras di gudang bulog mencukupi, dan rencananya pekan depan akan dilakukan pendistribusian kepada masing-masing penerima. Sedangkan jadwalnya menyesuaikan dari Dinas Sosial.

”Di wilayah Bulog Subdivre Kediri ini ada 147.118 KPM-PKH dari tiga daerah yang akan menerima bantuan beras sebanyak 15 kilogram selama tiga bulan, dengan rincian, untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kabupaten Kediri sebanyak 72.208, untuk Kota Kediri 8.674 KPM dan Kabupaten Nganjuk sebanyak 66.236 KPM,” terangnya.

Seusai acara, Menko PMK, Muhadjir Effendy juga berkenan melakukan makan siang dengan beras medium sebagaimana yang diberikan kepada KPM-PKH. “Mari kita makan bareng-bareng menggunakan beras sama dengan yang diberikan kepada warga ini. Saya juga terbiasa makan beras seperti ini,” ungkapnya sambil memulai makan siang.

Reporter : Zainal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed