oleh

Mendes Gus Halim Kunjungi Desa Pugeran , Merestui Pembangunan Pasar Rakyat Majapahit Milenial

MOJOKERTO | optimistv.co.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Dr. H. Abdul Halim Iskandar mengunjungi Desa Pugeran, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa 23 November 2021.

Kunjungan Gus Halim sapaan akrabnya, akan merestui pembangunan Pasar Rakyat Majapahit Milenial di Desa Pugeran.

Gus Halim juga mengatakan, pihaknya akan fokus mengurangi kesenjangan sosial pada 2021.

Sementara itu Kepala Desa Pugeran, Muhammad Arief yang ditemui media ini mengatakan bahwa dirinya bercita-cita ingin mensejahterakan warganya dengan membangun Pasar Rakyat Majapahit Mileneal di Tanah Kas Desa (TKD) setempat, dimana Pasar Rakyat Majapahit Mileneal itu akan dikelola oleh BUMDES.

Mendes PDTT, Gus Halim dan Kepala Desa Pugeran, Muhammad Arief

Guna mengetahui sejauh mana, Kepala Desa Pugeran Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto ini dalam membangun Pasar Rakyat Majapahit Mileneal itu, Media Optimis TV telah melakukan wawancara dengan Muhammad Arief.

Optimis TV dan Muhammad Arief (MA) berikut wawancaranya;

(Op) : Bagaimana anda mengembangkan TKD untuk bisa mensejahterakan warga masyarakat Desa Pugeran ini?

( MA) : Awalnya saya banyak belajar dari rekan Kepala Desa, yang mampu mengubah desanya yang tidak punya penghasilan untuk menambah pendapatan asli desa (PAD), menjadi makmur.

(Op) : Konsep apa yang anda tawarkan kepada BPD dan tokoh masyarakat serta tokoh Desa Pugeran, bahwasanya TKD yang saat ini kurang berdaya bisa menjadikan sumber penambahan PAD Desa serta bisa membuka peluang kerja warga desa itu sendiri, dengan membangun Pasar Rakyat Majapahit Mileneal?

Mendes PDTT saat Meninjau Lokasi Rencana Pasar Rakyat Majapahit Mileneal

(MA) : Kami menawarkan wisata Pasar Rakyat Majapahit Mileneal. Pasar tradisional itu nantinya, kita sulap menjadi pasar induk untuk para pedagang, petani yang menjual hasil buminya ke Pasar Rakyat Majapahit Mileneal Desa Pugeran. Otomatis, warga tidak perlu jauh-jauh lagi menjual ke pasar induk ke kota lain. Cukup di desa sendiri. Nanti nya, kita berdayakan warga Desa Pugeran ikut mengelola, ikut memiliki, ikut handerbeni. Sehingga terciptalah lapangan pekerjaan. Dengan demikian PAD Desa Pugeran bisa ada peningkatan. Kita ciptakan, kita desain pasar dagang, menjadi pasar wisata. Pembeli dan pedagang dalam melepas lelah bisa menikmati wisata buatan. Kita ciptakan ruang mainan anak, tempat sewa photo (selfie), serta wisata buatan lainnya.

(Op) : Bagaimana reaksi Mendes PDTT, Gus Halim setelah konsep proposal desain Pasar Rakyat Majapahit Mileneal yang anda ajukan itu?

(MA) : Dengan kehadiran beliau ke Desa Pugeran, InsyaAlloh di ACC.  Rencananya, beliau akan datang ke Desa Pugeran kembali tanggal 10 Desember 2021. Sekaligus menggelar Haul orang tuanya.

Beberapa Desa di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur saat ini telah mampu mandiri dan berkembang dengan baik. Seiring dengan program program dari Mendes PDTT.

Reporter : Kartono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed