oleh

Menaker Resmikan BLK Komunitas Ponpes Darul Dakwah Sooko

MOJOKERTO | optimistv.co.id – Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si, Sabtu, 07 November 2020, meresmikan BLK (Balai Latihan Kerja) Komunitas di Pondok Pesantren Darul Dakwah Kedungmaling Sooko Kabupaten Mojokerto. Peresmian ini menjadi BLK Komunitas pertama yang diresmikan Kemnaker untuk Tahun Anggaran (TA) 2020.

Menteri Ketanagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan, Kemnaker terus menggenjot pembangunan BLK Komunitas guna mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat. “Selama ini BLK itu di mana? Ibu kota provinsi, paling dekat ada di kota. Karena jauh, maka pemerintah mendekatkan pelayanan agar masyarakat nggak perlu jauh-jauh datang ke kota,” jelas Menaker Ida Fauziah saat diwawancarai Wartawan.

BLK Komunitas, jelas Menaker, merupakan terobosan Presiden Joko Widodo yang telah dimulai dari tahun 2017. Program ini merupakan upaya penyebaran lembaga pelatihan kerja agar dapat diakses oleh masyarakat luas. Sejak tahun 2017, Kemnaker telah membangun 1113 BLK Komunitas, dan tahun ini tengah dibangun 1000 BLK lagi.

Lebih lanjut, Menaker Ida Fauziah menjelaskan, bahwa BLK Komunitas Darul Dakwah, akan memberi pelatihan vokasi atau pelatihan untuk penguasaan keahlian terapan tertentu kepada para santri dan warga di sekitar pesantren. Fokus pelatihan di BLK ini pada bidang desain komunikasi visual.

“Selanjutnya akan kami drop peralatan yang dibutuhkan sesuai jurusannya. Kemudian akan mulai pelatihannya pada tahun 2021,” ujarnya.

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si, saat diwawancarai wartawan seusai peresmian gedung BLK Komunitas

BLK Komunitas Darul Dakwah ini akan menggelar pelatihan desain komunukasi visual. Menaker berharap, BLK Komunitas ini dapat mencetak para santri yang kompeten dan berdaya saing.

“BLK Komunitas ini pelatihan vokasi untuk meningkatkan kompetensi. Tidak hanya kami siapkan untuk masuk ke pasar kerja, tapi juga kami mendorong alumni pelatihan BLK mampu mengembangan wirausaha mandiri, memiliki kemampuan mengembangkan diri menjadi enterpreneur,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Menaker Ida Fauziyah juga menyerahkan bantuan sarana usaha penempatan alumni BLK Komunitas, BLK, dan LPK yang terdampak Covid-19. Masing-masing penerima mendapat bantuan sebesar Rp2 juta.

Sementara itu, Ketua Yayasan Islam Darul Dakwah Kedungmaling Sooko Kabupaten Mojokerto H. Masrullah, M. MP, dI, dalam sambutan selamat datang mengatakan bahwa dirinya atas nama pribadi dan Lembaga Pondok Pesantren Darul Dakwah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia melalui Menaker Ida Fauziah dan Dirjen atas bantuan dana Rp. 500 Juta untuk membangun BLK Komunitas di Pondok Pesantren Darul Dakwah.

“Pembangunan BLK Komunitas ini ditargetkan selesai dalam tempo waktu 3 bulan. Tapi belum genap tiga bulan, bangunan BLK komunitas ini telah selesai. Semoga bangunan tersebut bermanfaat dan menjadi berkah bagi Santri,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Gus Nas ini juga mengucapkan terima kasih para wali Santri dan alumni Santri yang saling bahu membahu bergotong royong ikut serta membangun gedung BLK Komunitas hingga selesai dan diresmikan oleh Menaker Ida Fauziah ini.

Acara peresmian BLK Komunitas ini juga dibarengi dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dihadiri para pejabat lainya, seperti Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Budi Hartawan; Sesditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Surya Lukita Warman; Plt. Direktur Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri, Nora Kartika; Kepala Biro Humas, R. Soes Hindharno; Plt. Direktur Standarisasi Kompetensi, Muchtar Aziz; dan Kepala BLK Sidoarjo, Imam Agung

Reporter : Ririn Fadlilah – Kartono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed