oleh

Medali Emas Pertama Jatim Disumbang Atlet Asal Lumajang

LUMAJANG | optimistv.co.id – Saiful Rijal atlet sepak takraw kontingen Jawa Timur asal Pronojiwo, Kabupaten Lumajang mendulang emas pertama di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua pada cabang olahraga sepak takraw nomor double tim putra. Pada pertandingan final, tim Jatim mengalahkan Sulawesi Selatan dengan skor 2-1 di GOR Trikora, Kota Jayapura.

“Saiful Rizal telah main di kelas Double Man dan berhasil meraih medali emas pada Tanggal 29 September 2021, kemudian disusul Evi Dian Sofiana, atlet wushu Lumajang juga berhasil meraih medali perunggu,” ungkap Galih Permadi, Kasi. Pembudayaan Olahraga, Dispora Lumajang, Kamis (07/10/2021).

Dilansir dari kominfo.jatimprov.go.id, Tim Sepak Takraw Jatim yang digawangi oleh Saiful Rizal tersebut sempat tertinggal pada babak awal.

Pasangan Syamsul Hadi dan Dedi Setiadi Suryo menelan kekalahan dua set langsung dari pasangan Sulsel Muhammad Hardiansyah Muliang dan Rusdi dengan skor 16-21 dan 15-21.

Keadaan berbalik setelah ketinggalan itu dibalaskan Hari Budianto dan Syaiful Rijal pada pertandingan regu ke dua. Mereka mengalahkan pasangan Sulsel Andi Tri Sandi Putra dan Nofrisal dengan skor 21-16 dan 21-13.

Skor 1-1 memaksa pertandingan regu ke tiga dimainkan. Jatim menurunkan Jimmy Kartika bersama Abdul Muin dan Sulsel mengerahkan Diki Apriadi bersama Muh. Ruswan Wajib.

Set pertama pertandingan regu ke tiga berlangsung panas hingga harus menempuh deuce. Sulsel mampu merebut angka lantaran smash Abdul Muin melenceng membuat set berakhir dengan skor 23-25.

Jatim bangkit di set kedua dan mampu merebut angka dengan cepat. Smash Abdul Muin gagal dikembalikan Diki Apriadi membuat skor 21-13.

Momentum Jatim berlanjut dan kendati set penentuan berlangsung ketat, Abdul Muin dan rekan-rekannya memastikan menyabet medali emas. Ini setelah tendangan servis Diki Apriadi gagal melewati net dan Regu III Sulsel kehilangan set ke tiga dengan skor 17-21.

Kemenangan tim sepak takraw Jawa Timur dalam laga awal juga disambut bangga oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

“Saiful Rijal dan tim sepak takraw Jatim nomor double tim putra, meraih medali emas dalam PON XX Papua 2021 mengalahkan tim Sulsel,” ujar Gubernur.

Diketahui tim sepak takraw masih akan berlaga di nomor lainnya pada Tanggal 7,8 dan 9 Oktober 2021 (Hms)

 

Reporter : Nanang. S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed