oleh

Mas Dhito Serahkan Seribu Legalitas Perizinan UMKM

KEDIRI | optimistv.co.id – Calon Bupati Kediri, H. Hanindhito Himawan Pramana, SH, Jum’at, 27 November 2020,  secara simbolis menyerahkan legalitas seribu perizinan bagi para pelaku UMKM di Kediri.

Dengan adanya penyerahan legalitas perizinan ini, menjadi bukti bahwa calon Bupati yang akrab disapa Mas Dhito ini bukan hanya mengobral janji atau sekedar membuat program saja, tetapi benar-benar dilaksanakan untuk membantu pengurusan perizinan UMKM yang mencapai seribu dua ratus izin lebih sudah jadi, dan diserahkan kepada masing-masing pelaku UMKM.

“Selama delapan bulan terakhir ini saya selalu menyampaikan pentingnya legalitas UMKM, dan alhamdulillah hari ini bisa direalisasikan secara simbolis, dari seribu dua ratus UMKM yang sudah kita buatkan izin. Penyerahan ini kita lakukan simbolis hari ini, karena juga bagian dari merealisasikan apa yang telah saya sampaikan kepada masyarakat, bahwa saya punya janji untuk membantu legalitas. Janji kita seribu UMKM, tapi alhamdulillah hari ini sudah seribu dua ratus yang jadi,” ungkap Mas Dhito.

Mas Dhito bersama para pelaku UMKM yang menerima bantuan legalitas perizinan

Calon Bupati berusia 28 tahun ini juga menyampaikan, sebenernya bukan ini saja yang mengajukan untuk dibantu, tetapi beliau harus pilah-pilah dulu, karena terkadang ada yang belum memenuhi persyaratan.

“Sebenarnya sampai sekarang permintaan terus meningkat, tapi kita pilah-pilah dulu, karena terkadang ada juga yang tidak memenuhi persyaratan untuk bisa mendapatkan legalitas,” ujar Putra Sekretaris Kabinet Republik Indonesia, Pramono Anung ini.

Walaupun sudah seribu lebih UMKM yang mendapatkan legalitas, Mas Dhito tidak akan tergesa-gesa untuk ke tingkat nasional, tetapi membuat langkah-langkah matang terlebih dahulu.

“Sebenarnya saya tidak bicara langsung kepada tingkatan nasional, karena kalau bicara ke tingkat nasional itu lompatannya terlalu jauh. Langkah pertama adalah mewajibkan seluruh pegawai Pemkab Kediri, seluruh pegawai PNS yang ada di Kabupaten Kediri untuk menggunakan UMKM, mulai dari cemilan, apapun yang berkaitan dengan UMKM itu diwajibkan. Nanti kalau perlu saya akan mengadakan event-event tahunan. Atau kalau perlu bulanan kita adakan supaya memperkuat produk UMKM. Setelah kita adakan itu biasanya motivasi atau daya juang dari antar satu dengan pengusaha UMKM ini akan meningkat. Nah, nanti siapa yang paling kompeten, mereka yang akan kita siapkan untuk skala nasional,” tegasnya.

Terkait adanya bandara di Kabupaten Kediri, Calon Bupati Kediri yang suka blusukan ke desa-desa ini berharap ada sentra UMKM di dalam bandara dan diluar supaya bisa dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

“Setiap hari saya keliling dan selalu mencicipi yang namanya keripik pisang, getok pisang, jamur crispy, terus sale pisang, berbagai macam cemilan. Artinya Kabupaten Kediri ini punya banyak oleh-oleh, kalau nanti ada bandara, jadi harus ada sentra UMKM yang dibangunkan, baik itu di dalam bandara maupun di wilayah Kabupaten Kediri lainnya, supaya wisatawan itu kalau datang ke Kediri ada satu hal yang dinanti, ada satu hal yang harus dibeli untuk dibawa pulang ke kotanya masing-masing,” jelas Mas Dhito.

Reporter : Ruchi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed