oleh

Maraton, Capaian Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Sudah 12 Persen

KEDIRI | optimistv.co.id – Pemerintah Kota Kediri terus gencar melakukan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun. Sejak diresmikan Kamis (16/12), capaian vaksinasi anak di Kota Kediri kini sudah 12 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kediri, Alfan Sugiyanto menjelaskan saat ini sudah terdapat 3200 anak usia 6-11 tahun yang divaksin Covid-19.

“Untuk anak sudah 3.200 sekitar 12 persen dari total 26.446 sasaran (anak). Ini teman-teman puskesmas juga keliling ke sekolah,” katanya, Senin.

Pihaknya menjelaskan percepatan vaksinasi untuk anak itu juga sesuai dengan harapan dari Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar yang ingin agar pembelajaran tatap muka (PTM) segera luring seperti biasanya. Seban, jika sudah luring dampaknya luas sehingga tidak ada lagi ketertinggalan pelajaran.

Alfan menjelaskan, dalam melakukan vaksinasi Covid-19 pada anak, tidak ada kendala yang sangat berarti. Namun, karena anak-anak, petugas pun juga harus lebih perhatian, sehingga anak-anak berani untuk divaksin.

Pihaknya juga terbantu dengan tim medis dari rumah sakit di Kota Kediri yang juga turut serta membantu proses vaksinasi. Bantuan ini sangat penting, terlebih lagi bagi daerah yang jumlah pelajar atau sekolah banyak, sehingga puskesmas sebagai pemegang wilayah akan sangat senang mendapatkan bantuan tenaga vaksinator.

Ia juga menyebut hingga kini tidak ada laporan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang terjadi pada anak. Mereka juga sehat setelah divaksin.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sebelumnya menargetkan satu bulan untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun, dengan harapan persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) bisa secepatnya optimal.

Sementara itu, terkait capaian vaksinasi di Kota Kediri untuk dosis pertama ada 123 persen, dosis kedua mencapai 98 persen dan untuk vaksinasi lansia sudah mencapai 68 persen.

Vaksin jenis Sinovac diberikan pada anak-anak dengan dosis 0,5 mili liter dan diberikan jeda sekitar 28 hari setelah ikut vaksinasi tahap pertama untuk vaksinasi tahap kedua.

Sementara itu, para lurah di Kota Kediri pun juga ikut mendampingi proses vaksinasi. Salah satunya adalah Lurah Burengan, Kota Kediri Adi Sutrisno. Ia ikut mendampingi tim medis melakukan vaksinasi di SDN 5 Burengan, Kota Kediri dan semuanya berjalan lancar.

“Alhamdulillah lancar. Jumlahnya sekitar 100 anak, kelas 1-6. Tapi, tadi ada beberapa anak yang sakit flu, jadi vaksinasinya ditunda, itu juga disosialisaikan ke wali murid sejak awal, jadi menunggu sembuhnya,” kata Adi Sutrisno. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Kediri)

Reporter : Edy Siswanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed