oleh

Manusia Silver Korban PHK, Ikut Semarakkan May Day 2021

TULUNGAGUNG | optimistv.co.idPeringatan May Day 2021 merupakan harapan di tengah keterpurukan imbas dari Pandemi Covid-19 yang membawa dampak besar bagi sektor perekonomian.

Tidak sedikit perusahaan maupun industri yang terguncang ekonominya akibat Covid-19. Ada yang sanggup bertahan, ada juga yang terpuruk dan mengakibatkan penggangguran bertambah.

Hal ini disampaikan oleh Danu Sukendro, koordinator puluhan jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dalam memperingati May Day 2021 di Bundaran TT Kabupaten Tulungagung. Sabtu, 1 Mei 2021.

Dalam gelaran aksi hari buruh ini Sukendro menuntut kepada perusahaan serta mendesak agar membatalkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap buruh di masa Pandemi.

Menariknya lagi, dalam gelaran ini juga diikuti oleh para “Manusia Silver.” Mereka adalah para buruh yang terkena korban PHK dari perusahaan.

Sukendro juga menyampaikan, bahwa dalam peringatan Hari Buruh ini bertepatan dengan Hari Kebebasan Pers Dunia yang jatuh setiap tanggal 3 Mei.

“Hak-hak buruh harusnya diberikan sebagaimana mestinya,” katanya.

Lebih lanjut Sukendro mengingatkan, pada momentum Hari Kebebasan Pers Dunia ini AJI meminta semua bentuk kekerasan dan intimidasi kepada jurnalis untuk dihentikan.

Pers sebagai salah satu pilar keempat demokrasi, karena Pers berperan mewartakan dalam pemerintahan, sekaligus memberikan kritik kebijakan pemerintah.

Sesuai dengan UU Nomor 40 tahun 1999, Pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat dan menjadi unsur penting menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis.

“Sehingga mempunyai kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat,” tegas Sukendro.

Dia menyampaikan, kasus yang menimpa Nurhadi, wartawan Tempo di Surabaya harus segera dituntaskan.

“Hentikan kekerasan terhadap jurnalis,” pintanya.

Gelaran aksi May Day di Bundaran TT berjalan dengan kondusif, dengan dikawal aparat Kepolisian Resort Tulungagung.

Dalam kesempatan yang sama Polres Tulungagung melalui unit urusan kesehatan juga membagikan masker kepada para pengendara motor maupun mobil yang kebetulan melintas.

Reporter : Sigit

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed