oleh

LKS SMK Kabupaten Tulungagung Menjaring Siswa Ke Tingkat Wilker 3 Provinsi Jawa Timur

TULUNGAGUNG | optimistv.co.id – Salah satu program dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Tulungagung adalah mengadakan seleksi LKS siswa SMK mulai tanggal 8 – 11 Pebruari 2021 untuk menjadi wakil dari Kabupaten Tulungagung mengikuti LKS Wilker 3 Provinsi Jatim yang rencana diadakan sebelum hari Raya.

Sekretaris Penyelenggara LKS SMK Kabupaten Tulungagung tahun 2021 Drs. Rofiq Suyudi, M.Pd ketika dikonfirmasi wartawan optimis tanggal 9 Pebruari 2021 di kantornya menyampaikan, bahwa kompetisi LKS kali ini tetap mengedepankan physical distancing.

Peserta lomba IT Network System Administration mengerjakan materi lomba

Lomba Kompetensi Siswa ini ada kenaikan peserta hampir 50 persen, Ini disebabkan ada beberapa bidang kompetensi keahlian pesertanya cukup banyak : seperti bidang Motorcycle Repair and Maintence, Automobile Technology, Accounting, dan IT Network System Administration yang masing-masing bidang diikuti oleh 5 peserta.

Selain itu kenaikannya disebabkan bidang program keahlian yang dilombakan di Jawa Timur ada 42 bidang kompetensi keahlian, sedangkan di Kabupaten tulungagung sendiri hanya mengikuti 39 bidang kompetensi keahlian.

Ada 12 bidang lomba yang dikompetisikan dan 27 bidang lomba yang langsung lolos ke tingkat Wilker 3, karena bidang tersebut hanya diikuti sekolah tertentu seperti lomba : Hairdressing, Food Technology, Landscape and Gardening dan sebagainya.

Drs.Nurhasyim, MM, Juri, panitia dan Drs. Rofiq Suyuti, M.Pd sedang meninjau lomba keahlian Electrical Instalation

Sedang 12 bidang lomba yang dipertandingkan lokasinya berada di SMK Negeri dan Swasta yakni :

1.Welding di SMKN 2 Tulungagung.
2. Autocart Building di SMK Sore.
3. Motorcycle Repair and Maintenance di SMKN 1 Bandung.
4. Hotel Receptions di SMKN 2 Boyolangu.
5. Industrial Control di SMKN 2 Tulungagung
6. Automobile Technology di SMKN 1 Rejotangan
7. Accounting di SMKN 1 Pagerwojo.
8. Electronics di SMKN 1 Bandung.
9. Bilingual Secretary di SMKN 1 Boyolangu.
10. Pharmacy di SMKS Brawijaya.
11. Electrical Instalation di SMKN 3 Boyolangu.
12. IT Network System Administration di SMKN 1 Boyolangu.

Dia berharap setiap tahun peserta lomba jumlahnya naik, termasuk pemerataan bidang program nanti bisa diikuti peserta lain.

Lomba Kompetensi Siswa SMK tahun 2021 ini merupakan pencapaian tertinggi di Kabupaten Tulungagung bagi siswa-siswi SMK dari masing-masing bidang keahlian.

Kompetensi seperti ini merupakan ajang bergensi bagi siswa SMK yang diikuti oleh 69 peserta lomba yang merupakan perwakilan dari SMK Negeri dan Swasta yang ada di Tulungagung.

Masih menurut Rofiq, LKS SMK di tulungagung ini untuk menjaring siswa dalam rangka persiapan bagi siswa-siswi SMK dalam menyongsong era globalisasi dunia industri yang semakin maju dan berkembang”, pungkasnya.

Reporter : Sigit

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed