oleh

Kota Probolinggo Raih Penghargaan Terbaik Tingkat Jatim Kategori Kelurahan Pelaksana Gotong Royong

PROBOLINGGO | optimistv.co.id – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo raih penghargaan Terbaik IV Kategori Kelurahan Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur Tahun 2021.

Capaian ini diumumkan pada acara Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVII dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 48 Provinsi Jawa Timur Tahun 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Ketua LPM Kelurahan Sukabumi Mohammad Sholeh yang disaksikan langsung oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin pada hari Minggu (31/10) siang di Gedung Graha Adi Poday Kabupaten Sumenep.

Penyerahan Penghargaan kepada Ketua LPM Kelurahan Sukabumi

Menurut Permendagri Nomor 42 Tahun 2005, Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat adalah kegiatan gotong royong masyarakat dalam satu bulan penuh yang merupakan akumulasi kegiatan gotong royong selama sebelas bulan yang diselenggarakan di setiap desa dan kelurahan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara berdasarkan Perpres 99 Tahun 2017 Kesatuan Gerak PKK adalah sebuah gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya Keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Membuka acara puncak BBGRM dan HKG PKK di depan 350-an peserta undangan, Gubernur Jawa Timur menekankan pentingnya kebersamaan dan kolaborasi untuk mewujudkan suksesnya pembangunan.

“Suksesnya seluruh pembangunan kita selain dari perencanaan yang baik, proses akuntabilitas yang baik, tentu sinergitas yang baik pula, kolaborasi yang baik pula, kekompakan yang baik pula,” jelas Gubernur yang saat itu mengenakan seragam batik Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.

Pesan yang disampaikan Gubernur Khofifah tersebut terkait dengan kesiapsiagaan masing-masing Kabupaten/Kota dalam menghadapi badai La Nina yang diramalkan BMKG tiba pada bulan November.

Sehingga menurutnya peran gotong royong antar masyarakat sangat diperlukan untuk mitigasi bencana alam.

“Oleh karena itu mohon kepada seluruh masyarakat Jawa Timur, terutama bagi komandan-komandan LPMD dan LPMK, mohon bersama kepala desa, bersama lurah, PKK di tingkat desa dan kelurahan, semuanya bergotong-royong untuk bisa melakukan mitigasi dari kemungkinan bencana alam terutama banjir,” ucap gubernur yang juga berpesan untuk fokus percepatan vaksinasi Covid 19 dan pengentasan kemiskinan ekstrim di Jawa Timur.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyampaikan arahannya atas penghargaan yang telah diraih.

“Tentunya ini menjadi harapan kita, harus kita tingkatkan, kita jangan lengah atas apa yang kita terima. Kita perbaiki apa kekurangan dan kita sempurnakan supaya bisa kita lakukan terbaik,” jelas Wali Kota Habib Hadi yang saat itu didampingi Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin.

Penghargaan sebagai pelaksana Gotong Royong terbaik ke IV untuk LPM Kelurahan Sukabumi menurut Habib Hadi adalah sebagai bukti terwujudnya kebersamaan.

Untuk itu, dirinya berharap kepada kelurahan lainnya agar dapat berkolaborasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

“Mudah-mudahan kelurahan-kelurahan lain yang ada di wilayah kota (Probolinggo) bisa mengikuti dan berkolaborasi untuk melakukan yang terbaik sehingga kita ingin semua kelurahan betul betul bisa melakukan yang terbaik seperti kelurahan Sukabumi ini,”

Ketua LPM Kelurahan Sukabumi, Muhammad Sholeh mengaku kolaborasi dengan kelurahan dan masyarakat adalah kunci keberhasilan pelaksanaan gotong royong.

“Jadi karena kunci keberhasilan pelaksanaan gotong royong. “Jadi karena kita dipilih dari masyarakat maka kita harus kembali pada masyarakat, itu konsepnya bagaimana kita bisa berkolaborasi dengan masyarakat, dengan lembaga-lembaga lainnya di masyarakat , terus kerjasama dengan pihak kelurahan dan pihak lain,” terang Sholeh.

Tidak hanya pemberian piagam penghargaan, juga diserahkan berbagai bantuan sosial dari Gubernur Jawa Timur kepada masyarakat, diantaranya untuk anak yatim, lansia, disabilitas dan penerima RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).

Hadir mendampingi Gubernur Jawa Timur antara lain Wakil Gubernur Jawa Timur Emir Elestianto Dardak, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Elestianto Dardak, Plh Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono.

Tim Penggerak TP-PKK Jawa Timur

Selain LPM Kelurahan Sukabumi Kota Probolinggo, tujuh penerima penghargaan pelaksana gotong royong terbaik lainnya LPM Desa Pondok Kab. Ponorogo, LPM Desa Madiredo Kab. Malang, LPM Desa Kluncing Kab. Banyuwangi, LPM Desa Sidodadi Kab. Blitar, LPM Kel. Gedongan Kota Mojokerto, LPM Kel. Plosokerep Kota Blitar, dan LPM Kel. Medokan Ayu Kota Surabaya. (Hms)

Reporter : Nana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed