oleh

Komonitas Bonsai Adventure Grogol Menjaga Kelestarian Alam dan Sumber Air di Lingkar Wilis

KEDIRI | optimistv.co.id – Bertempat di sumber air Goliman Desa Parang dan waduk Kalibago Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kediri, Komonitas Bonsai Adventure Grogol Kediri bersama-sama dengan Dinas Perhutani Kediri melaksanaan kegiatan penghijauan di dua lokasi tersebut, Minggu (21/3/2021) pagi.

Menurut Kepala Desa (Kades) Grogol Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri, Suparyono menjelaskan pada media, bahwa hari ini kita bersama-sama anggota Bonsai Adventure, dengan disupport oleh Aktifis pecinta alam, warga Desa Grogol, Desa Kalipang, Desa Banyakan, Petani serta warga Goliman serta Perhutani Kediri melaksanakan penghijauan di sumber air Goliman di Parang serta diwaduk Kalibago di Kalipang.

“Kegiatan yang dikemas dalam Ayoh tanam pohon, dari kita untuk kita ini bertujuan untuk membantu  memperbaiki sumber mata air yang ada dan juga untuk  mencegah banjir  dengan menanami tanaman seperti pohon trembesi sebanyak 500 pohon, Pule sebanyak 100  pohon serta tanaman Tabebuya sebanyak 40 pohon. Tanaman tersebut kita tanam di sepanjang sumber yang  ada di Goliman dan waduk Kalibago di Kalipang,” terang Kades yang supel sama warganya tersebut.

Kepala Dusun Goliman (kaos merah), Kades Grogol, Suparyono (tengah), Mandor Perhutani (paling kiri)

Lanjut Suparyono, adapun  pesertanya terdiri dari anggota bonsai adventure dengan mengerahkan sekitar 40 orang di tambah warga Goliman ada sekitar 32 orang. Untuk kelancaran kegiatan tersebut pihak Perhutani Kediri juga menerjunkan Mandornya guna mengarahkan giat penghijauan tersebut,” terangnya.

Dalam  giat penanaman pohon tersebut tampak Kepala Desa (kades) Kalipang, Antonius Supratiknya dan Kepala Dusun (Kasun) Goliman yang ikut aktip dan juga berbaur sama warga.

Anggota Bonsai Adventure Grogol Kediri Laksanakan Penghijauan di Goliman dan Waduk Kalibago

Ditempat terpisah, R.Setyohadi, S.T Ketua LSM Gabungan Pemuda Kediri (GPK) memberi apresiasi atas dilaksanakannya giat tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh temen-teman anggota Bonsai Adventure Grogol ini. Disaat kondisi lagi pandemi Corona (covid-19) dan banyaknya bencana banjir ada masyarakat yang peka dan peduli sama kelestarian  lingkungan dengan melaksanakan penanaman ratusan pohon disumber air Goliman serta waduk Kalibago,” ucapnya.

“Ini merupakan kegiatan  yang sangat baik dan patut ditiru oleh  masyarakat, karena dengan kegiatan tersebut nantinya akan  bisa ikut  melestarikan sumber air serta mencegah bencana banjir. Semoga giat semacam ini akan terus diikuti oleh masyarakat lainnya. Selamat dan sukses buat anggota Bonsai Adventure,” pungkasnya.

Reporter : Hadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed