oleh

Ketua KPU Kota Blitar Belum Tahu Pasti Pilkada Ditunda Atau Tidak

BLITAR | optimistv.co.id –
Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam memberikan penjelasan terkait penundaan pemilukada yang disebabkan meningkatnya Covid-19 yang terjadi di wilayah Blitar. Menurutnya memang ada informasi akan ada perubahan, namun pihaknya masih belum tahu pasti.

“Persoalan maju atau mundurnya penyelenggaraan Pemilukada berada di KPU RI. Jadi kita sifatnya masih menunggu. Memang di undang-undang ada ketentuan yang mengatur tentang terkait penundaan itu atas usul BPK,” kata Umam.

Selanjutnya KPU mengajukan usul ke gubernur. Tetapi sampai saat ini belum ada instruksi atau informasi secara khusus terkait penundaan tersebut.

Ditambahkannya, kemarin ada SK 179 lalu dikeluarkan SE 80, kalau tidak salah itu terkait penegasannya, dan sekarang masih menunggu instruksi selanjutnya.

“Kalau semisal nanti disuruh penundaan, ya akan kita tunda. Kalau harus nunggu, ya ditunggu,” ucapnya.

Menurutnya, meskipun ada 2 ormas besar, yaitu PBNU dan Muhammadiyah sudah membuat rilis, tapi itu ditunjukkan secara umum.

“Sebenarnya hal ini tidak ada hubungannya dengan Ketua KPU karena terpapar Covid-19, kita terus melaksanakan protokol kesehatan dan itu kan sudah jadi ketentuan. Ini yang jadi acuan kita,” jelas Ketua KPU Kota Blitar.

Seperti diketahui, terkait situasi Covid-19, saat ini di Blitar berada pada zona Orange.

Reporter : Muklas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed