oleh

Kejuruan JAA UPT BLK Kediri Ciptakan Tenaga Ahli Bidang Adminstrasi

KEDIRI | optimistv.co.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Tehnik (UPT) Balai Pelatihan Kerja (BLK) Kediri, terus memberikan berbagai pelatihan kerja secara gratis kepada para pemuda dan pemudi di wilayah Kabupaten / Kota Kediri dan sekitarnya.

Seperti halnya dalam rangka meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) di Workshop BLK yang beralamatkan di Jalan Raya Pare Wates Kilo meter 1,500 Desa Gedangsewu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, kali ini sedikitnya ada 16 pemuda dan pemudi yang mengikuti pelatihan Kejuruan Junior Administrative Asistant.

Instrutur UPT BLK Kediri, Dody Jatmiko ditemui Wartawan Optimis mengatakan, pelatihan dengan Kejuruan Junior Administrative Asistant ini berbasis kompetensi, dan diberikan secara gratis, karena dibiayai oleh APBD Provisi Jawa Timur tahun anggaran 2021.

“Selain tidak dipungut biaya atau gratis, bagi semua peserta juga masih diberikan baju seragam, kaos olahraga dan uang transport, serta satu kali makan setiap hari selama mengikuti pelatihan,” kata Dody Jatmiko.

Ditambahkannya, pelatihan di Workshop BLK tersebut diberikan kepada 16 pemuda dan pemudi selama 30 hari kerja, dimulai pada hari Selasa, tanggal 20 April sampai dengan Jum’at, 07 Juni 2021 mendatang.

“Adapun dalam pelatihan ini diterapkan 30 persen teori dan 70 pesen praktek, dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelopok unit kompetensi selama 224 jam pelatihan, dan kelompok kedua adalah penunjang, diberikan selama 16 jam pelatihan,” tuturnya.

Masih menurut Dody Jatmiko, untuk kelompok pertama, atau unit kompetensi inti / tehnik, terdiri dari making telephone calls (melakukan panggilan telepon), deskribing the Institution profile (menjelaskan tentang profil instusi), basis daily conversation at work (melakukan percakapan sehari-hari tingkat dasar ditempat kerja), leaving massages by telephone (meninggalkan pesan melalui telepon), resiving visitors (menerima tamu), dan describing office equipment (menyebutkan dan menjelaskan peralatan kantor).

Selain itu, para peserta juga diajarkan untuk menangani surat masuk dan surat keluar, serta using computer terminology (menggunakan istilah-istilah komputer), making appointments (membuat janji tamu), dan basic bussines correspondece (korespondensi niaga tingkat dasar). Sedangkan pada kelompok kedua adalah penunjang FMD dan kewirausahaan.

Sementara itu, Ketua kelompok pelatihan, Eka Citra Puspitasari kepada Optimis mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada UPT BLK Kediri yang telah memberikannya pelatihan secara gratis bersama 15 teman-temanya.

“Kami sangat berterimakasih kepada Bapak Dody Jatmiko, selaku instruktur pelatihan yang telah membimbing kami selama ini. Motivasi saya mengikuti pelatihan ini untuk mengembangkan pengetauan tentang Bahasa Inggris dan meningkatkan SDM di bidang administrasi perkantoran,” ungkapnya.

Reporter : Suryono

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed