oleh

Kapolresta Madiun Siap Tindak Pelaku Pengrusakan Lapak UMKM

MADIUN | optimistv.co.id – Rasa penasaran akan pelaku pengerusakan fasilitas Lapak UMKM Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun akhirnya terbayar. Pelaku pengerusakan yang terekam kamera pengawas lapak pada Minggu (5/12) lalu itu merupakan anggota Polri yang bertugas sebagai Bhabinkambtibmas di kelurahan setempat.

Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan

Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pelaku merupakan oknum polisi berinisial TH berpangkat Aipda. Oknum tersebut telah dicopot dari jabatan Bhabinkambtibmas saat ini. Kapolres memastikan pelaku akan diproses hukum lebih lanjut.

‘’Yang bersangkutan sudah kita pindahkan dan dalam evaluasi. Proses hukum tetap kita lanjutkan. Sanksi disiplin ada. Karena ini perbuatan pidana,’’ kata kapolres, Selasa (14/12/2021).

Hasil penyelidikan sementara, pelaku melakukan aksi kurang terpuji itu lantaran tidak pernah diajak berkomunikasi oleh lurah setempat terkait pembangunan Lapak UMKM. Kapolres menambahkan pihaknya masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait alasan dan motif pelaku tersebut.

‘’Ini masih kami dalami. Katanya tidak pernah diajak komunikasi terkait pembangunan Lapak UMKM itu,’’ ungkapnya.

Padahal, lanjut kapolresta Madiun, pihaknya sering menegaskan kepada anggota bahwa pembangunan yang dilakukan pemerintah bukan urusan kepolisian kecuali ada indikasi pelanggaran. Sebab, pembangunan merupakan kebijakan pemerintah.

‘’Bahkan, saya sebagai kapolres tidak pernah bertanya kenapa begini-begitu. Kita justru mendukung,’’ ungkapnya.

Pihak Kepolisian mengaku sudah berkomunikasi dengan Wali Kota Madiun, Maidi untuk meminta maaf. Namun, Kapolresta Madiun memastikan proses hukum akan tetap berlajut meski dilakukan oleh anggotanya.

‘’Kami sudah menyampaikan kepada pak Wali dan kami memohon maaf atas perbuatan anggota ini dan kami tindak tegas. Walaupun pak Wali sudah memaafkan dan mencarikan solusi, namun bagi kami tidak ada maaf,’’ tegasnya.

Pelaku Sempat Mendapatkan Reward dari Kapolres

Pelaku TH ternyata merupakan satu dari puluhan Bhabinkambtibmas yang mendapatkan reward dari Kapolres Madiun Kota. Penghargaan diberikan lantaran TH sudah menjadi Bhabinkambtibmas diatas lima tahun. Setidaknya, ada 70 anggota yang diberikan reward dan salah seorang di antaranya adalah pelaku TH. TH sudah menjadi Bhabinkamtibmas selama tujuh tahun. Mirisnya, reward itu diberikan pada Senin (6/12) atau selang sehari setelah aksi pengerusakan tersebut.

Reporter : Sugeng Rudianto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed