oleh

Kabupaten Tulungagung Gelar Apel Pasukan dan Peralatan Bencana Alam

TULUNGAGUNG | optimistv.co.id – Pemkab Tulungagung bersama Kodim 0807 Tulungagung dan Polres Tulungagung adakan apel gelar pasukan dan peralatan guna penanggulangan bencana alam akibat cuaca yang ekstrem efek dari Badai La Nina beberapa waktu lalu.

Apel gelar pasukan dan Peralatan ini dilaksanakan di halaman kantor Bupati Tulungagung dengan dipimpin langsung oleh Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM didampingi Dandim 0807 Tulungagung, Letkol Inf Yoki Malinton Kurniafi SH, MTr Han, MI Pol  dan Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto SH,SIK MH serta melibatkan anggota TNI dan Polri, Polwan, Satreskoba, pasukan dari Dinas Perhubungan, pasukan dari Satpol PP, pasukan dari Tanggap Bencana dan dari Dinas Lingkungan Hidup Senin, 25/10/2021.

“Sebagai antisipasi, kita sudah siapkan sarana dan prasarana menghadapi bencana alam tersebut.” ujar Bupati Tulungagung, Drs Maryoto Birowo MM.

Kabupaten Tulungagung memiliki letak geografis  pegunungan dan masyarakat  bermukim dekat pantai sehingga memungkinkan rentan mengalami bencana.

Sesuai instruksi dari BNPB dan BPBD Provinsi Jawa Timur untuk selalu mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam akibat cuaca ekstrem yang terjadi di Indonesia.

“Setiap tahun kita sering mengalami bencana alam diantaranya seperti angin puting beliung, hujan lebat yang mengakibatkan tanah longsor, banjir rob terjadi sebagai akibat meningkatnya pengaruh badai La Nina  sehingga air laut mengalami perubahan.Bencana ini setiap tahun sering kita alami. Maka Pemkab berkewajiban melindungi warganya, oleh karena itu perlu diingatkan kepada semua pihak ikut membantu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi bencana.” tegas Bupati Tulungagung.

Di sisi lain selalu mengantisipasi terjadinya bencana alam, Pemkab Tulungagung juga menegaskan bahwa masyarakat tidak boleh lupa akan pentingnya menjaga prokes dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Pemkab Tulungagung dan Tim Penanggulangan Bencana juga berharap agar semua warga selalu antisipasi jika terjadinya suatu kejanggalan terhadap iklim dan kejadian alam dan selalu melapor dan mematuhi instruksi dari pihak berwajib demi menjaga keamanan dan juga keselamatan setiap masyarakat dan daerah.

Dalam penanggulangan bencana ini Pemkab dan tim akan selalu siap siaga jika sewaktu-waktu terjadi bencana ataupun suatu kejanggalan pada cuaca dan kejadian alam di wilayah Kabupaten Tulungagung untuk memastikan seluruh masyarakat aman.

Reporter : Budi. S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed