oleh

Jelang Ramadhan, Pemkab Magetan Gelar Syukuran Larung Sesaji

MAGETAN | optimistv.co.id – Bertempat di Telaga Sarangan, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Pemerintah Kabupaten Magetan menggelar Tradisi Upacara Adat Larung Sesaji. Jumat, 02 April 2021.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si, Kadis Disparbud Joko Trihono, S. Sos, M.Si, Camat Plaosan Permadi Bagus D, S. STP M.Si, Danramil Plaosan Kapten Inf Arif W, Kapolsek Plaosan AKP. M. Munir, SH, Lurah Sarangan Prima Suhardi, S.H, M.H, serta seluruh masyarakat yang hadir.

Sesuai tradisi, Kegiatan ini diawali dengan Kirab Tumpeng Gono Bahu yang nantinya pada Inti dari upacara tersebut adalah melarung Tumpeng Gono Bahu ke dalam ke Telaga Sarangan. Hal itu sebagai simbol syukur masyarakat Sarangan atas kehidupan dan rahmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Sambutan Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, M.Si yang didampingi oleh Kadis Disparbud Joko Trihono, S. Sos, M.Si, Camat Plaosan Permadi Bagus D, S. STP M.Si, Lurah Sarangan Prima Suhardi, S.H, M.H, serta Kapolsek dan Danramil setempat saat mengikuti Giat Larung Sesaji

Di sela kegiatan, Bupati Suprawoto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upacara adat yang masih terus berlangsung dan turun temurun di Kabupaten Magetan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kegiatan ini merupakan salah satu Upacara Adat yang masih terus turun temurun khususnya di Kabupaten Magetan ini yang merupakan sebagai Simbol wujud Syukur Kita kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya

Bupati menjelaskan, Kegiatan ini merupakan agenda wisata budaya tahunan yang diharapkan bisa menarik minat Wisatawan untuk berkunjung ke Telaga Sarangan.

“Di samping itu, Kegiatan ini merupakan Agenda Wisata Budaya yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali tepatnya pada Bulan Ruwah (Bulan Jawa) atau menjelang Bulan Suci Ramadhan, yang diharapkan bisa menarik minat Wisatawan baik itu di tingkat Regional maupun Nasional,” Imbuhnya.

Reporter : Dimas – Ipung A

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed