oleh

Inilah Solusi Walikota Jaga Keanekaragaman Hayati

KEDIRI | optimistv.co.id – Melestarikan alam dan menjaga kekayaan hayati merupakan tanggung jawab seluruh umat manusia. Oleh sebab itu, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menyepakati tanggal 22 Mei pada tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Keanekaragaman Hayati atau Biodiversity Day.

Mengangkat tema “We’re part of the Solution”, Biodiversity Day tahun ini, bertujuan sebagai sarana pengingat bahwa menjaga kelestarian dan keanekaragaman hayati merupakan jawaban dari tantangan pembangunan berkelanjutan yang terjadi saat ini.

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar memiliki komitmen untuk terus berupaya dan menjaga keanekaragaman hayati, sesuai dengan amanat UU Nomor 5 Tahun 1994 tentang Pengesahan Konvensi PBB mengenai Keanekagaman Hayati.

Salah satu wujudnya adalah membuka Taman Kota dan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Bahkan melalui anggaran Prodamas Plus, masyarakat bisa membangun RTH di lingkungan kelurahannya.

Meski RTH harus ditutup sejenak karena Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri tetap melakukan perawatan rutin.

“Meski harus ditutup selama Pandemi, Taman Hutan Joyoboyo, Taman Tempurejo, Taman Brantas, Taman Ngronggo, Taman Sekartaji, dan Kediri Memorial Park, senantiasa diberikan perawatan rutin seperti biasa,” ungkap Didik Catur, Kepala DLHKP Kota Kediri, saat dihubungi, Sabtu (22/05) siang.

Ada beragam jenis pepohonan, dan tanaman hias yang tertanam di RTH Kota Kediri. Tercatat terdapat beberapa spesies pohon penenduh antara lain, Mangifera Indica, Polyalthia Longifolia, Annona Muricata, Adenium Obesum, Cerbera Manghas, Arenga Pinnata, Roystonea Regia, Casuarina Equisetifolia.

Bahkan Walikota Kediri mengintruksikan DKPP untuk melakukan riset tentang ikan endemik di beberapa sumber mata air di Kota Kediri. Harapannya nanti kehidupan ikan endemik bisa dilestarikan sebagai wadah edukasi kelestarian lingkungan.

Saat ini beberapa sumber mata air seperti Sumber Jiput, Sumber Bulus dan Sumber Banteng yang juga merupakan RTH telah dihuni banyak ikan hias hasil tebar benih ikan yang dilakukan oleh Walikota Kediri awal tahun ini. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kediri)

Reporter : Edy Siswanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed