oleh

Hari Terakhir Tasyakuran Nyadran, Kades Talang Bagikan Hadiah Puluhan Juta

NGANJUK | optimistv.co.id – Pelaksanaan jalan santai yang biasa diadakan setiap tahun oleh Pemerintah Desa Talang, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, pada saat perayaan sedekah desa yang jatuh pada Hari Jumat Pahing bulan Besar, di tengah masa pandemi ini diganti dengan tasyakuran.

Meski tanpa kegiatan jalan santai, dalam perayaan nyadran tahun 2020, Pemdes Talang tetap membagikan berbagai macam hadiah, seperti Kulkas, Televisi LCD, Kompor Gas, Pakaian, Sandal dan lain sebagainya, dengan total mencapai 40 sampai 50 juta.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Desa Talang, Suparlan beserta perangkat desanya, Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Talang, para sesepuh, kyai setempat, serta ratusan warga masyarakat Desa Talang.

Kepala Desa Talang, Suparlan saat memberikan hadiah

Disampaikan Suparlan, Kepala Desa Talang, pembagian hadiah tahun ini berkurang banyak, tidak seperti biasanya. “Sepeda yang biasa diundi per RT dan dijadikan hadiah utama tidak ada. Karena situasi pandemi ini kita mengurangi sedikit-sedikit,” tutur Kades Talang.

Selain itu, Suparlan juga membagikan uang kepada warga yang membawa ambeng dengan desain unik, memakai blangkon, dan mengenakan kaos bertuliskan Talang ASRI yang identik dengan warna Hijau sebagai dasar Desa Talang yang asri, yaitu Aman, Sejuk, dan Religi.

“Dengan warna-warna hijau ini, membuat warga masyarakat nyaman, tenang, dan damai. Nanti, saat pemberian hadiah yang unik akan diiringi dengan musik orgen,” ungkapnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, tasyakuran ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai sejak Rabu, 12 Agustus 2020 kemarin. “Hari terakhir tasyakuran ini, Jumat, 14/8/2020, sekaligus untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 75. Makanya, ambeng-ambeng tersebut diberi Bendera Merah Putih,” jelasnya.

Kedepan, lanjut Kades Talang yang dikenal ramah ini, akan ada pawai, namun pelaksanaannya mendadak yang mungkin masyarakat juga belum tahu. “Pastinya setelah ini akan ada lomba lingkungan bersih sehat,” terangnya.

Sementara itu, Siti Mubaiyinah, warga Desa Talang, ketika dikonfirmasi optimistv.co.id mengaku sangat bangga sekali.  “Dengan adanya tasyakuran nyadran atau yang dikenal dengan sedekah desa ini, membuat warga semangat, guyub rukun, dan menjadikan persatuan kesatuan semua warga Talang,” ungkapnya.

Dirinya berharap, kegiatan nyadran  kedepan bisa lebih bagus lagi. “Lebih semangat lagi, dan mudah-mudahan Covid 19 segera hilang dari Kabupaten Nganjuk, khususnya Desa Talang,” harapnya.

Reporter : M. Subroto / Mahbub

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed