oleh

Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke-815 Digelar Secara Sederhana

TULUNGAGUNG | optimistv.co.id – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke-815 tahun 2020 digelar secara sederhana saat pandemi Covid-19, peringatan Hari Jadi kali ini dilaksanakan dengan berdo’a bersama di Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung, Senin (16/11/20).

Prosesi Hari Jadi di Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung

Puluhan Ulama dan Kyai serta masyarakat turut memanjatkan do’a untuk keselamatan dan ketentraman Kabupaten Tulungagung do’a dipimpin oleh KH Muh. Ali Zein, dengan dimulai pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, Sholawat dan Tahlil ditujukan kepada para pinisepuh cikal bakal Kabupaten Tulungagung. Meski dihadiri banyak orang, acara tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan.

Bupati Tulungagung, Maryoto Bhirowo dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Jadi Ke-815 kali ini diperingati secara sederhana. Mengingat tahun ini masih dalam masa pandemi Covid-19, untuk beberapa kegiatan yang mengundang keramaian ditiadakan. Tahun ini Hari Jadi kita isi dengan doa bersama dan bersih nagari,” jelasnya.

Upacara pokok bersih nagari tetap diadakan yaitu hari Rabu (18/11/20), dengan kirab yang diikuti para karyawan/karyawati pemda dimulai dari gerbang masuk pendopo. Acara kali ini tidak seperti biasanya, ada perebutan tumpeng namun saat ini ditiadakan.

Kirab dilakukan dengan protokol kesehatan ketat, pakai masker hingga pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk pendopo hingga halaman Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso.

Sementara Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Galih Nuswantoro menyampaikan, kendati ada pembatasan tamu undangan hingga 50 persen, namun masyarakat tetap bisa menyaksikan melalui siaran streaming yang bisa diakses oleh masyarakat umum.

Salah satu karangan bunga ucapan selamat Hari Jadi Kabupaten Tulungagung Ke-815

“Meski banyak prosesi yang dihilangkan, acara Hari Jadi kali ini tetap diyakini kesakralannya. Galih berharap masyarakat bisa memaklumi dengan kondisi pandemi covid-19 yang belum berlalu dari Tulungagung,” tegasnya.

Reporter : Sigit

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed