oleh

Hari Bumi Sedunia, Dorong Pro Iklim Demi Kehidupan Berkualitas

Trenggalek (Optimis) – Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, hadir dalam peringatan Hari Bumi Sedunia, yang digelar Himpunan Pegiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Kabupaten Trenggalek, serta berharap para penggiat adiwiyata ini bisa istiqomah menjaga lingkungan.

Hal ini dilakukan tentunya bertujuan menjaga kehidupan agar bisa lebih berkualitas.

Kemudian, dengan kesadaran menjaga dan melestarikan lingkungan, seperti menanam pohon tidak membuang sampah sembarangan, menjaga sumber air, diharapkan akan meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih baik.

“Hari ini kita mengikuti peringatan hari bumi yang diprakarsai oleh Himpunan Pegiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Kabupaten Trenggalek. Kegiatannya kita mengundang beberapa Kepala Desa untuk belajar dari Desa Sukorejo salah satunya terkait bank sampah,” ungkap Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, Sabtu (16/4/2022).

Selanjutnya, “beberapa kegiatan-kegiatan yang bersifat pro lingkungan termasuk tadi dihadiri oleh, Wakil Walikota Malang yang berdonasi pohon untuk masyarakat Trenggalek. Saya berterimakasih dan semoga semuanya tetap semangat tetap istiqomah untuk bisa melestarikan bumi kita sehingga nanti kita akan mendapatkan kehidupan yang kualitasnya juga lebih baik dari sisi udara yang lebih baik, air yang lebih bersih dan juga ekonomi yang lebih baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, kalau pada zaman Rasululluh yang diwakafkan adalah sumur-sumur karena sangat berharga untuk kehidupan. “Sekarang mari kita jaga sumber air kita yang menjadi sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup,” harapnya.

Upaya-upaya yang dilakukan Bupati Trenggalek ini mendapatkan pujian dari Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko. Menurutnya telah banyak upaya yang dilakukan oleh Bupati Trenggalek untuk menjaga keseimbangan alam.

“Telah banyak yang beliau lakukan untuk menjaga lingkungan. Seluruh OPD digerakkan untuk menanam pohon, begitu juga dengan lapisan masyarakat lainnya. Ini patut kita contoh,” ungkap Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko.

Kabupaten Trenggalek, sudah banyak kampung proiklim, bahkan banyak diantaranya mendapatkan penghargaan. Embrionya adalah Adipura Desa, regulasi yang memang dipersiapkan oleh Bupati Trenggalek guna mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk mau dan peduli terhadap lingkungan.

Dalam kesempatan peringatan hari bumi Bupati Trenggalek berkomitmen untuk terus mendorong jangkauan Adipura Desa.

“Harus tetap kita perluas, kita dorong terus, sehingga nanti banyak muncul kampung – kampung pro iklim yang diikuti oleh masyarakat yang lebih berkesadaran ekologis. Tidak lagi membuang sampah sembarangan, kemudian juga menjaga lingkungan sekitarnya menanam pohon dan juga menghemat energi, air,” tutupnya.

Reporter : Hardi/Mar’atus

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed