oleh

Gemarikan 2021, Ajak Masyarakat Tulungagung Gemar Makan Ikan

TULUNGAGUNG | optimistv.co.id – Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Kampanye Gerakan Masyarakat Makan Ikan (GEMARIKAN), Kamis (3/6/2021)

Dalam kampanye GEMARIKAN, adalah merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk peningkatan kosumsi makan ikan.

Hadir dalam kampanye GEMARIKAN, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Dardak, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tulungagung Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, Sekretaris Daerah Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, MM, jajaran OPD lingkup Pemkab. dan undangan Ayah dan Bunda Balita.

“Dalam pencapaian angka stunting di Kabupaten Tulungagung masih cukup rendah, ini merupakan apresiasi dan prestasi bagi kita bersama”, kata Arumi Bachsin ketua Forikan Jatim pada awak media usai kegiatan.

Komitmen dan usaha keras menuntaskan dan membebaskan Balita dari stunting itu sangat luar biasa, ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Tulungagung beserta Ketua Tim Penggerak PKK beserta jajarannya.

Kabupaten Tulungagung sangat kaya hasil ikan laut dan ikan tawar dengan tingkat konsumsi cukup tinggi di kisaran 30 ribu kilo kapita per tahun, “kita berharap hal ini bisa ditingkatkan mencapai 50 kilogram kapita pertahun sedang di Jatim konsumsi per tahun 41 kilo per kapita”, tutur Arumi.

Sehingga harus lebih gencar mengadakan sosialisasi dan kampanye gemar makan ikan, “sinergi ini bersama tim PKK dengan para stakeholder berkomitmen menuntaskan dan membebaskan balita dari stunting”, imbuhnya.

Kampanye GEMARIKAN di Jatim diprioritaskan pada 17 Kota/Kabupaten sedang kali ini Tulungagung merupakan yang ke 12.

Kampanye gemar makan ikan ini diyakini dapat membuat semua kalangan usia termasuk generasi yang masih dalam kandungan sehat, kuat dan cerdas.

Pesan sederhana dengan kampanye gemar makan ikan masyarakat semakin tahu pentingnya asupan gizi dari ikan untuk menangkal stunting dan gizi buruk.

“Dengan gemar makan ikan, kami harapkan lahir generasi cerdas dengan tinggi badan sesuai dengan usianya serta menurunkan angka stunting di Kabupaten Tulungagung”, tutup Arumi.

Dalam akhir acara Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin istri wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, membagikan ratusan olahan beku paket hasil perikanan 3 kiloan, paket olahan kering, paket bandeng presto, ikan segar dan brosur manfaat cara mengelola ikan.

Reporter : Sigit

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed