oleh

DPK IKAPTK Kota Probolinggo Resmi Dilantik

PROBOLINGGO | optimistv.co.id – Ketua Dewan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPP-IKAPTK) Provinsi Jawa timur M. Sodiq Triwidiyanto melantik 45 orang Dewan Pengurus Kota Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPK-IKAPTK) Kota Probolinggo Periode 2021-2026, di Puri Manggala Bhakti kantor Wali Kota Probolinggo, Rabu (10/11) malam.

Pengurus DPK-IKAPTK yang dilantik yakni, Ketua Rey SuwigtyoWakil Ketua Pujo Agung Satrio, Sekretaris Mochammad Sholehudin, Wakil Sekretaris Anzala Sakinah dan Bendahara Eka Pujiyanti, serta Wakil Bendahara Anita Suryandari.

Untuk Dewan Pembina, ditunjuk Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin sebagai Ketua, Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati sebagai anggota bersama 5 orang lainnya, di jajaran Pemerintah Kota Probolinggo.

Wali Kota Habib Hadi dalam arahannya menegaskan, pelantikan dan pengukuhan yang dimulai sekira pukul 19.00 WIB itu, adalah titik awal untuk melangkah ke depan, lebih baik lagi.

“Tentunya, kita sudah memiliki kewajiban untuk mengabdi kepada bangsa dan negara,” katanya.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin

Wali kota juga menekankan para anggota IKAPTK Kota Probolinggo agar meningkatkan loyalitas, dedikasi dan kapabilitas kepada pimpinan, menjadi ASN yang pantang menyerah dan terus berinovasi, dan menjadi teladan bagi ASN lainnya.

Selain itu, meningkatkan kemampuan dan keterampilan agar dapat berkarya lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi kemajuan teknologi informasi dan tidak terjebak pada rutinitas.

“Berikan solusi yang konkrit, dengan menciptakan ide-ide kreatif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan. Dan yang gak kalah penting, DPK-IKAPTK harus bisa memberikan pelayanan pada masyarakat dengan menyumbangkan karya dan inovasi strategis, sehingga Kota Probolinggo dapat sejajar dengan kabupaten kota lain yang lebih maju,” tegasnya.

Ia berharap dan berpesan pada pengurus yang baru, agar lebih bisa merubah mindset, pola-pola pikir lama ke arah yang lebih baik.

Sehingga dapat melangkah, dan menjadikan waktu, tenaga, pikiran dan jabatan yang diemban, betul-betul bermanfaat bagi masyarakat.

Ketua DPK-IKAPTK Kota Probolinggo Rey Suwigtyo, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tujuan pelantikan kepengurusan DPK-IKAPTK Kota Probolinggo dalam rangka memperkokoh semangat kekeluargaan dan jiwa korsa serta memelihara ikatan yang kuat antara alumni dengan almamaternya, dan sebagai tempat bagi alumni kepamongprajaan, untuk bekerjasama melaksanakan program dan kegiatan, sekaligus sebagai wadah untuk bisa berkontrubusi langsung, dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Ketua DPK-IKAPTK Kota Probolinggo Rey Suwigtyo,

“Sehingga ke depan, DPK-IKAPTK Kota Probolinggo dapat dijadikan sebagai cermin, bagaimana solidnya kami saat ini. Dan kami siap mengabdi untuk Kota Probolinggo, serta mendukung visi misi kepala daerah,” tegasnya.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya terhadap Wali Kota Habib Hadi yang telah memberikan kepercayaan pada alumni kepamongprajaan untuk menduduki jabatan strategis dalam membantu beliau dalam menjalankan pemerintahan di Kota Probolinggo.

Harapannya, melalui pelantikan dan pengukuhan ini akan semakin memperkuat eksistensi organisasi, dalam membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder yang ada di lingkungan Pemkot Probolinggo.

Utamanya di era revolusi industri, sesuai semangat 4.0 yang selaras dengan tema pembangunan Kota Probolinggo yang hebat dan handal.

Sementara itu, Ketua DPP-IKAPTK Jawa Timur M. Sodiq Triwidiyanto, menekankan 3 hal penting pada segenap pengurus.

Yakni, melaksanakan amanah dan tanggungjawab yang dipercayakan oleh rekan purna praja dan meningkatkan eksistensi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Ia juga mengajak untuk membangun komitmen dan kesadaran bersama bahwa melalui kekeluargaan dan persaudaraan yang dibangun dalam wadah IKAPTK, bisa berbuat lebih banyak dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar, sebagaimana falsafah “Abdi Praja, Dharma Satya, Nagara Bhakti”, dan menjaga kehormatan serta nama baik IKAPTK dimanapun berada, menjadikan IKAPTK sebagai salah satu referensi utama pengembangan aplikasi dan terapan ilmu pemerintahan.

“Atas nama Dewan Pengurus Provinsi IKAPTK Provinsi Jawa Timur, saya ucapkan selamat bertugas dan berkarya. Pak Wali serta segenap anggota, kami juga sampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas arahan, bimbingan dan nasehat yang telah diberikan,” tutupnya.

Sebagai informasi, IKAPTK merupakan tempat berhimpun dan berkumpulnya seluruh alumni perguruan tinggi kepamongprajaan, yang terdiri dari KDC, APDN, IIP dan IPDN, untuk mengabdi kepada masyarakat, yang juga tak lain adalah para aparatur sipil negara yang memiliki spesifikasi kapasitas kepamongprajaan Dalam penyelenggaraan pemerintahan baik di pusat maupun di daerah. (Hms)

Reporter : Nana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed